Kapolda Kepri Incar Penimbun Sembako

Kapolda Kepri Incar Penimbun Sembako

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi saat Safari Ramadan di Polres Karimun(Foto:Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Kapolda Kepri Irjen Pol Didit Widjanardi tekankan empat hal khusus dalam antisipasi di beberapa titik kerawanan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2018, Kamis (7/6/2018).

Penekanan tersebut disampaikan Didid dalam agenda safari ramadan di Polres Karimun yang dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, dan Kakanwil DJBC Kepri Rusman Hadi, serta pimpinan instansi vertikal lainnya Dandim dan Danlanal.

"Dalam merayakan hari kemenangan, ada beberapa kerawanan seperti kelangkaan pangan, kenaikan harga, serta kegiatan monopoli atau penimbunan yang dilakukan, serta meningkatnya tindak pidana," kata Didit saat diwawancarai.

Disebutkan Kapolda, dalam kelangkaan sembako biasanya karena adanya monopoli atau penimbunan yang dilakukan oleh pengusaha untuk menaikan harga.

Tapi Kapolda menitipkan kepada bupati agar tidak ada kenaikan harga sembako.

"Kita antisipasi kelangkaan pangan, tidak ada kenaikan harga sembako, dan tindakan penimbunan sembako jangan sampai terjadi," ujar Kapolda.

Kedua, kata kapolda, titik rawan dalam transportasi atau mudik, sangat diperlukan dalam meningkatkan ketertiban demi kenyamanan, serta antisipasi terjadinya kecelakaan.

"Tingkatkan ketertiban demi terciptanya kenyamanan, serta meningkatkan keamanan, dan memperhatikan keselamatan," ujar Didit.

Selain itu, Kapolda juga menyebutkan bahwa kebutuhan akan meningkat dalam Hari Raya, tidak jarang kalau terjadinya peningkatan tindak pidana dalam situasi kusus, serta melarang aksi sweeping.

"Saya juga menitipkan ke jajaran Polres dan TNI disini untuk penegakan hukum yang benar. Tindak pidana akan meningkat karena naiknya kebutuhan serta tidak membenarkan terjadinya aksi sweeping bagi siapapun juga," ujar Kapolda Kepri.

Terakhir, Didid mengatakan dan berpesan kepada seluruhnya, untuk memperkuat jaringan intelijen terutama di ujung terdepan atau Desa-desa, terkait ancaman terorisme yang terjadi di beberapa daerah.

"Terakhir saya titipkan kepada kita semua dalam ancaman terorisme. Dengan memperkuat jaringan intelejen di ujung terdepan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas. Kepri masih aman hingga saat ini dan mari kita bersama menjaga dalam kesuksesan hari raya, dan tentunya menjaga keutuhan NKRI kita ini," katanya.

Polres teraktif

Kapolda Kepri melakukan safari Ramadan di Polres Karimun dan berbuka bersama dengan para pejabat utama Polda. Dipilihnya Poles Karimun karena selama bulan ramadan selalu aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dan menjaga keamanan.

Kegiatan keagamaan sangat penting untuk memupuk mental, disiplin, dan membentuk ahlak yang baik bagi setiap individu personel.

"Program Polda Kepri selama bulan ramadan menyeleksi Polres yang akan dikunjungi. Artinya diseleksi, yaitu Polres mana yang paling aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan selama Ramadan dan dikunjungi Kapolda dan pejabat utama Polda," ujar Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi.

Setelah berbuka bersama dan solat teraweh bersama di Polres Karimun, Kapolda mengunjungi Pos Pam yang berada di jalan A Yani, Kolong, Karimun.

(edo)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews