Apple Kembangkan Gadget Berbiaya Murah

Apple Kembangkan Gadget Berbiaya Murah

Produk Apple (foto: www.macworld.com)

BATAMNEWS.CO.ID - Apple dilaporkan sedang fokus mengembangkan produk dengan harga terjangkau. Caranya dengan memangkas ongkos produksi.

Mengurangi biaya produksi dinilai bisa menjadi cara tepat untuk membuat harga produk Apple menjadi lebih terjangkau.

Produk terjangkau tersebut kemungkinan dirilis paling cepat pada akhir tahun ini. Perangkat tersebut akan memiliki layar LCD berukuran 6,1 inci, fitur Face ID dan panel edge-to-edge, tapi tanpa 3D Touch dan bodi kaca.

Salah satu metode yang dilirik adalah mendiskusikan kembali harga berbagai komponen non-kunci dengan para penyuplai.

Sebuah laporan dari Digitimes mengindikasikan Apple telah menyampaikan keinginannya dengan para mitranya, termasuk agar harga skrup, serta berbagai bagian logam dan plastik untuk MacBook baru bisa dipangkas.

Apple menyampaikan hal tersebut kepada para penyuplai komponen produknya dalam sebuah pertemuan pada akhir Mei 2018 di kantor pusatnya. Menurut sumber, pemangkasan harga bisa berimbas pada keuntungan perusahaan-perusahaan tersebut sebesar 15 persen.

Pihak Apple sendiri belum memberikan komentar terkait rencana ini. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dikenal pelit bicara soal berbagai rencana dan produk yang sedang disiapkan.

Apple selama ini dikenal dengan berbagai produk premium berharga tinggi. iPhone X yang dirilis pada tahun lalu, misalnya, dijual dengan harga mulai dari US$ 999.

Lebih lanjut, ini merupakan kali pertama Apple berencana melakukan negosiasi harga secara langsung untuk berbagai komponen non-kunci. Sebelumnya, semua pembelian merupakan tanggung jawab para mitra penyuplai yang dikontrak.

Selain itu, MacBook dengan harga lebih murah juga diyakini sedang disiapkan. Sayangnya, informasi mengenai perangkat ini belum banyak.

MacBook 13 inci ini diprediksi akan hadir pada kuartal II 2018 dengan spesifikasi lebih rendah, tapi diposisikan sebagai pengganti MacBook Air.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews