Top 10 Kuliner Lebaran Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan

Top 10 Kuliner Lebaran Khas Cirebon yang  Bikin Ketagihan

foto:Kadekarini

BATAMNEWS.CO.ID,Cirebon- Berbicara soal kuliner, Kota Cirebon bisa bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Cirebon gudangnya makanan dan masakan lezat.Kuliner Cirebon adalah pilihan cocok pada #PesonaMudik2018. 

“Walaupun kota kecil, Cirebon telah dikenal luas. Hal itu karena ikon lokalnya, yaitu wisata alam, kerajinan tangan, dan wisata kuliner. Tiga hal ini menjadi sasaran utama para pelancong,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga mengampanyekan #PesonaKulinerLebaran2018

Penasaran dengan makanan khasnya Berikut #Top10KulinerLebaran2018 khas cirebon versi TripAdvisor yang bakal bikin lidah kamu ketagihan.

1. Empal Gentong Haji Apud

Jika berkunjung di kota Cirebon tak lengkap bila tidak berburu kuliner. Salah satunya Empal Gentong Haji Apud. Rumah makan ini jadi andalan wisata kuliner. 

Dan sudah terkenal seantero kota. Empal gentong adalah menu khas yang menjadi ikon Cirebon. Jika belum mengenal empal gentong, jenis masakan ini sebenarnya adalah masakan daging empuk yang dimasak dengan kuah khusus.

Rumah makan legendaris yang satu ini tak pernah sepi pengunjung, Lho. Lokasinya berada di Jl Raya Ir Haji Juanda 24 Battembat, Cirebon. Untuk harga perporsinya masih masuk dalam kategori murah. Cuma enam belas ribu rupiah saja kamu bisa menikmati salah satu kuliner enak ini.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang juga makanan khas Cirebon yang terkenal. Menu ini berupa nasi dengan beragam ikan, baik itu cumi-cumi hitam, gorengan otak sapi, kentang yang disate, telur asin yang dipepes, serta lauk lainnya. 

Alas makannya adalah daun jati sehingga menghasilkan aroma yang khas banget dan menggoda lidah.Salah satu rumah makan yang menyediakan menu ini adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Warung ini terletak di Jl. 

Cangkring II dan selalu ramai dikunjungi. Harganya mulai dari seribu rupiah hingga tiga puluh ribu rupiah. Rumah makan ini buka dari pukul tujuh pagi, hingga pukul tujuh malam.

3. Nasi Lengko Haji Barno

Bagi kamu yang ingin melakukan kuliner pagi di Cirebon, rumah makan ini bisa jadi pilihan. Sarapan pasti jadi nikmat banget kalau makan nasi jamblang.

Nasi lengko juga merupakan makanan khas Cirebon. Ciri utamanya terletak pada daun kucai yang ada di atas nasi. Belum lagi kalau ditambah dengan kecap lokal yang khas banget. Dijamin rasanya bakalan beda dengan nasi lengko serupa di kota lain.

Selain nasi dan kucai, menu khas Cirebon ini juga dilengkapi dengan potongan gorengan tahu, tempe dan timun. Rasa makanan ini kian nikmat kalau sudah ditambah sambal kacang dan kerupuk.

Salah satu nasi lengko kenamaan di Cirebon adalah Nasi Lengko Haji Barno yang beralamat di Jl. Pagongan nomor 15b. Ada juga di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo. Harga per porsinya sekitar sepuluh ribu rupiah.

4. Bubur Toha

Bubur Toha adalah salah satu tempat makan di Cirebon yang terkenal. Menyediakan beragam jenis bubur, yakni bubur ayam, kacang hijau, dan ketam hitam. Karena bubur ini buka dua puluh empat jam, kamu yang kelaparan pas tengah malam bisa berwisata kuliner ke sini.

Bubur Toha ini termasuk kuliner murah di Cirebon, loh. Soalnya harga seporsinya untuk bubur ayam cuma enam ribu rupiah saja. Sedangkan bubur kacang hijau dan bubur ketannya hanya tiga ribu rupiah saja. Murah banget, kan?

5. Mie Koclok

Bagi kamu yang ingin wisata kuliner siang di Cirebon, Mie Koclok ini bisa jadi pilihan. Mie dengan kuah santan dan diberi topping suwiran ayam, telur, toge serta topping lainnya ini cocok banget buat makan siang. Harganya pun terjangkau.Cuma tiga belas ribu rupiah saja per porsinya.

Bagi kamu yang ingin wisata kuliner siang di Cirebon, Mie Koclok ini bisa jadi pilihan. Mie dengan kuah santan dan diberi topping suwiran ayam, telur, toge serta topping lainnya ini cocok banget buat makan siang. Harganya pun terjangkau. Cuma tiga belas ribu rupiah saja per porsinya.

6. Sate Kerbau

Kebanyakan bahan utama membuat sate adalah daging ayam atau daging sapi. Tapi di Cirebon ada loh, yang menjual sate dari daging kerbau. Biasanya sate ini dijual pada malam hari. 

Seringnya sate ini disebut sate kalong karena kebiasaan penjualnya yang baru berjualan pada malam hari alias ngalong. Karena itulah sate ini termasuk kuliner malam khas Cirebon.

Sama seperti sate lainnya, sate kerbau ini pun diberi lontong dan bumbu kacang. Namun, yang menjadi ciri khas dari penjual sate ini adalah bunyi krincing yang mereka bunyikan.

Sate Kalong yang ternama biasanya berjualan di dekat pasar Kanoman. Untuk seporsi sate yang terdiri dari dua puluh tusuk ini dihargai sebesar delapan belas ribu rupiah. Buka biasanya dari pukul enam malam dan tutup setelah semua porsi habis terjual.

7. Ayam Goreng Bahagia 71

Ayam goreng memang ada di mana-mana. Namun saat kamu ke Cirebon dan ingin mencicipi ayam goreng yang nikmat, rumah makan Ayam Goreng Bahagia 71 bisa jadi pilihan. Rasa ayamnya yang gurih dijamin bikin pecinta ayam goreng ketagihan. 

Harganya juga terjangkau dan bervariasi, mulai dari empat ribu lima ratus rupiah hingga dua puluh ribu.Rumah makan ini terletak di Jl. Bahagia nomor 69 – 71 Lemahwungkuk. Untuk jadwal bukanya, mereka buka dari pukul tujuh pagi hingga sebelas malam.

8. Tahu Gejrot Wardi

Tahu gejrot merupakan salah satu sajian kuliner kenamaan di Cirebon. Bahan utamanya adalah tahu yang digoreng hambar alias tanpa bumbu. Setelah masak, tahu ini dipotong-potong. Kemudian beri bumbu mentah yang membuat rasa tahu ini jadi unik. 

Campuran rasa asam, manis, pedas yang ditawarkan memang bisa bikin ketagihan.Kalau kamu berkunjung ke pasar Kanoman, kamu bisa membeli tahu ini pada salah satu penjualnya.

 Penjual yang paling terkenal di pasar itu adalah Tahu Gejrot Wardi.Harganya pun murah. Hanya lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah saja seporsinya.

9. Restoran Klapa Manis

Restoran yang satu ini pasti akan sangat cocok dikunjungi untuk makan malam romantis bersama pasangan, karena selain menyajikan menu masakan sunda seperti nasi tutug oncom, pepes dan lainnya, restoran ini didesain dan dihias dengan sangat cantik. 

Tidak hanya suasana restoran saja yang indah tetapi dari lantai atas restoran ini kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dari bukit Gronggong yang terkenal di Cirebon.

Wah, kamu pasti akan makan dengan lahap dengan pemandangan indah disekitar restoran pastinya. Lokasinya berada di Jl. Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan, Beber, Cirebon

10. Gado-gado Ayam Mang Djum

Gado-gado ayam ini merupakan mix dari tahu, emping, lontong, timun, kerupuk, suwiran ayam, kuah soto kuning dan saus kacang. Semua dicampur jadi satu. Memang kalau melihat campurannya itu, kening pasti berkerut dan batin pun jadi ragu. 

Tetapi, jika kamu sudah mencoba sajian ini, kamu pasti akan ketagihan. Rasanya gurih dan enak.Salah satu rumah makan yang menyediakan menu ini adalah Gado-gado Ayam Mang Djum. Lokasinya terletak di Jl. Pulasaren nomor 53. Mereka buka dari pukul enam pagi hingga pukul setengah empat sore. Untuk harga, terjangkau banget. Hanya lima belas ribu rupiah per porsinya

(adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews