Ditetapkan Jadi Sekolah Rujukan

Penerimaan Siswa Tanpa Zonasi di Empat SMPN Ini

Penerimaan Siswa Tanpa Zonasi di Empat SMPN Ini

Para siswa SMP di Batam merayakan kelulusan. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam menetapkan empat sekolah rujukan tidak menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018.

Keempat sekolah tersebut yakni SMPN 3 Batam, SMPN 6, SMPN 26 dan SDN 006 Sekupang.

Plt Kadisdik Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, empat sekolah ini bebas menerima siswa dari sekolah manapun dan tidak terikat dengan zonasi.

Ia menjelaskan sekolah rujukan ini akan menerima siswa berdasarkan nilai siswa saat mendaftar nanti. Selain itu tidak menutup kemungkinan untuk menerima siswa dari luar Batam.

"Sekolah unggulan sudah tak ada lagi dan diganti dengan sekolah rujukan dan ada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Untuk Batam empat sekolah itulah yang menjadi rujukan dari seluruh sekolah yang ada di Batam," ujar Hendri, di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, untuk sekolah rujukan, pihaknya memberlakukan tes tertulis dan wawancara. Dari hasil tes nanti akan diketahui dan di rangking.

"Ini khusus untuk rujukan saja, karena kami harus memperharikan nilai karena menyangkut pencapaian sekolah rujukan ke depannya, Mereka yang memiliki nilai terbaik akan dinyatakan lolos seleksi." katanya.

Sekolah rujukan pendaftaran mulai dibuka 26-28 Juni mendatang. Pendaftaran dibuka melalui jalur online, namun demikian pihaknya tetap menyediakan nomor antrean di sekolah secara manual.

Selanjutnya siswa akan mengikuti tes tertulis dan wawancara tanggal 29-3 Juni 2018. Hasil PPDB akan diumumkan tanggal  2 Juli dan dilanjutkan dengan daftar ulang 3-4 Juli 2018.

Empat sekolah itu ditetapkan sebagai sekolah rujuan berdasarkan penilian dari segi prestasi dan sarana prasarana.

Jumlah siswa untuk setiap kelas juga telah dibatas yaitu tidak boleh lebih dari 32 orang siswa untuk tingkat SMP, sedangkan untuk tingkat SD maksimal hanya 28 orang siswa.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews