Vihara Duta Maitreya, Tempat Wisata Kebhinekaan di Batam

Vihara Duta Maitreya, Tempat Wisata Kebhinekaan di Batam

Suasana Maha Vihara Duta Maitreya di Sei Panas, Batam. (foto: sip/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ada tempat wisata kebhinekaan di Batam, yaitu Maha Vihara Duta Maitreya. Tempat ibadah umat Budha ini mengajarkan satu hal yang teramat penting, yakni arti kebhinnekaan.

Tak disangka, vihara itu memiliki ruang ibadah untuk lima agama. Selain itu ada juga restoran, pasar swalayan, ruang kelas untuk sekolah dari PAUD hingga SMA/SMK, dan asrama.

Semua agama ada di sekolah yang berada di vihara ini. Hal ini karena guru-guru di sekolah ini juga ada yang berasal dari kalangan Kristiani dan Muslim.

Mereka punya ruangan khusus untuk beribadah sesuai agamanya. Siswa di sekolah ini mendapatkan pelajaran lengkap. Mereka juga mendapatkan pembelajaran etika, disiplin, dan kemajemukan yang langsung dipraktekkan dalam keseharian.

Kalau ada siswa yang tidak menghargai etika, disiplin, dan kebhinnekaan akan langsung kena sanksi. Misalnya diminta kerja bakti di kamar mandi atau rambutnya digundul.

Baca juga: Alfamart dan Indomaret di Batam Tak Terbendung: Matikan Ratusan Pedagang

Namun, sanksi yang diberikan itu selalu membekas dalam ingatan para siswa untuk menghargai etika, disiplin, dan kebhinnekaan sebagai "kredo" dalam hidup di kemudian hari kelak saat "terjun" ke tengah masyarakat.

Vihara terbesar di Asia Tenggara ini menjadi tempat berkumpul umat dari semua agama untuk belajar tentang kehidupan, termasuk belajar tentang toleransi yang menjadikan semua umat manusia sebagai satu keluarga.

Vihara ini juga dikenal sebagai Kuil Budha tertawa, karena rata–rata patung Dewa Maitreya di sini mempunyai bentuk tubuh tinggi, lebar, telinga padat, gemuk dan wajah tertawa.

Vihara ini mempunyai lahan parkir luas dengan taman yang dilengkapi dengan sejumlah patung dewa berjejer rapi. Selain patung Dewa Maitreya terdapat patung Budha Gautama, Amitabha, Satya Kalama, Baisajyaguru dan Dewi Kwan Im yang berada di sekeliling vihara.

Vihara ini mempunyal lima graha dengan Graha Maitreya yang merupakan graha utama yang fungsi utamanya sebagai tempat ibadah umat Maitreya melakukan kebaktian. Tempat ini bisa menampung sekitar 2.000 orang. Selain itu ada Graha Patriat, Graha Sakyamuni, Graha Budha Avalokitosvara dan Graha Budha Satya Kalama.

(deb)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews