https://www.batamnews.co.id

Pelebaran Jalan Raya Sei Panas Dimulai, Ini Jadwalnya

Walikota Rudi saat meninjau proyek pelebaran jalan di Batam. (foto: ist/mediacentre)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pelebaran jalan raya di wilayah Sei Panas-Bengkong akan mulai dikerjakan pekan depan. Ada 10 ruas jalan yang dilebarkan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Yumasnur mengatakan, jalan yang akan dilebarkan itu memiliki panjang 2,6 kilometer.

Saat ini kondisi jalan hanya memiliki satu lajur di tiap jalur. Ke depannya setelah dilebarkan, tiap jalur terdiri dari dua lajur.  "Kita mulai minggu depan," kata Masnur, Rabu (23/5/2018).

Beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan upaya pembersihan pada ruas jalan itu. Seperti merobohkan bangunan-bangunan yang terkena dampak pelebaran jalan.

“Sisa puing-puingnya juga sudah kami bersihkan, supaya tidak mengganggu proses pengerjaan jalan,” katanya.

Wali Kota Batam HM Rudi mengharapkan agar warga dapat memaklumi pembongkaran tersebut. Karena bangunan yang dibongkar berdiri di atas lahan milik negara, dan akan segera difungsikan untuk pelebaran jalan.

"Saya mohon maaf bila ada kios warga yang terkena pelebaran. Ini saya lakukan untuk kelancaran lalu lintas sehingga mobilitas lancar dan ekonomi akan tumbuh. Saya mohon dukungan bapak ibu, agar pekerjaan jalan nanti berjalan lancar," ujar Rudi beberapa waktu lalu.

Selain Jalan Laksmana Bintan bagian dalam, pelebaran juga dilakukan pada Jalan Laksmana Bintan yang menghubungkan Simpang BNI Sei Panas dengan underpass atau terowongan Pelita.

Jalur ini rencananya akan ditambah menjadi empat lajur di tiap sisi. Pembangunannya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. "Tahun depan, setelah Sei Panas kita lanjutkan pelebaran di Bengkong-nya," katanya.

(ret)