Berwisata Religi ke Makam Kerajaan Samudra Pasai

Berwisata Religi ke Makam Kerajaan Samudra Pasai

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Ramadan bukan penghalang bagi traveler untuk melakukan perjalanan. Mumpung Ramadan, berwisata religi adalah pilihan destinasi yang tepat untuk mengisi waktu perjalanan Anda.

Salah satu pilihan adalah berkunjung ke makam atau melakukan ziarah. Di Aceh, pilihan wisata religi terbilang banyak. Anda dapat mencoba berkunjung ke makam Sultan Malikussaleh. Saat Ramadan tak sedikit traveler yang wisata religi ke sana.

Makamnya terletak di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Makam Malikussaleh, merupakan situs purbakala yang cukup monumental bahkan di Asia Tenggara.

Dia adalah pendiri Kerajaan Samudra Pasai yang juga bernama Meurah Silu yang kemudian bergelar Malik Al Saleh atau yang lebih dikenal dengan Malikussaleh.

Makam ini berdampingan dengan makam Sultan Muhammad Malik Al Zahir atau Malikul Dhahir anak laki-laki dari Malikussaleh yang memimpin pada tahun 1297-1326 M.

Beliau merupakan Raja pertama di Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan pertama Nusantara yang pernah menyebarkan Islam di Asia Tenggara tahun 1270-1297 M atau abad ke 13. Di komplek makam tersebut, berkisah pusat aktivitas Kerajaan Samudera Pasai tempo dulu.

Makam ini selalu ramai dikunjungi termasuk bulan Ramadan. Wisatawan datang dari luar seperti Jepang, Qatar, Turki, India dan negara-negara di Asia Tenggara.

Kegiatan pengunjung di sini seperti mengaji, melepas nazar dan salat. Namun, ada juga yang datang dari luar negeri untuk menggali sejarah singkat mengenai kejayaan Raja Malikussaleh.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews