TNI AL Tangkap Kapal Asing Bermuatan Beras

TNI AL Tangkap Kapal Asing Bermuatan Beras

foto ilustrasi : beritatrans.com

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Dua Kapal asing, MV Alkar Trust dan MV Kar Trust berhasil diamankan Tim Western Fleet Quick Response Lantamal IV Tanjungpinang dan Lanal Batam beberapa waktu lalu. Kapal tersebut bermuatan 5 ton beras.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI, Yudo Margono, menyatakan sedikitnya tiga pelanggaran yang dilakukan kapal asing itu.

"Dua kapal kargo asing itu menyelundupkan beras di Perairan Teluk Sebong Bintan," kata Yudo yang dihubungi Antara di Tanjungpinang, Jumat.

Yudo mengatakan nahkoda MV Alkar Trust melayarkan kapal tidak sesuai dengan rute pelayaran berdasarkan "port clearance". Selama pelayaran dari Madagaskar, MV Alkar Trust mematikan AIS.

"Selain itu kedua kapal juga melakukan kegiatan Ship To Ship (STS) tanpa izin Syahbandar dalam kegiatan transfer muatan di tengah laut dan bukan di pelabuhan resmi. Ketiga pelanggaran tersebut merupakan tindak pidana pelayaran," ujar Pangarmada I.

Ia menjelaskan kedua kapal masuk wilayah Indonesia tanpa adanya Penunjukan Keagenan Kapal Asing, serta melaksanakan lego jangkar di luar "lay out lego" jangkar yang ada yakni titik koordinat lego atas perintah dari pihak perusahaan.  

Selain itu kapal sempat melaksanakan kegiatan Fumigasi tanpa ijin dari pihak Karantina, sehingga kuat dugaan adanya campur tangan oknum dari instansi tertentu yang mengizinkan kedua kapal tersebut untuk melaksanakan kegiatan "ship to ship".   

Perkembangan dari hasil pemeriksaan bahwa dari hasil pengecekan urine para anak buah negatif dan tidak ditemukan adanya narkoba.

Sedangkan Hasil pengecekan terhadap muatan beras tidak ditemukan adanya organisme pengganggu tumbuhan karantina sehingga aman dikonsumsi.

Saat ini kedua kapal lego jangkar diperairan Tanjung Sengkuang di bawah pengawasan dan penjagaan ketat Lanal Batam dalam rangka penyelidikan lebih lanjut.

(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews