Pertama Kali Mengajarkan Anak Berpuasa, Bagaimana Caranya?

Pertama Kali Mengajarkan Anak Berpuasa, Bagaimana Caranya?

foto: kompasiana.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Puasa dapat diajarkan pada anak sejak dini sebelum memasuki usia akil baliq. Memang perlu sedikit usaha agar anak-anak dapat dibiasakan berpuasa sedari kecil.

Bagaimanakah mempersiapkan anak untuk berpuasa? Ada beberapa cara untuk mengajarkan si kecil puasa tanpa paksaan. Berikut langkah-langkahnya.


Ceritakan Makna Puasa  dan Pengalaman Kepada Si Kecil

Berceritalah kepadanya tentang makna puasa terlebih dahulu. Si Kecil hendaknya mendengarkan secara singkat mengenai apa itu puasa, kenapa wajib dilakukan hingga apa saja yang membatalkan puasa.

Sampaikan juga pesan dengan cerita yang menarik dan dapat dipadukan dengan pengalaman Bunda atau Ayah saat masih kecil, seperti bangun sahur, sholat tarawih bersama teman-teman dan nikmatnya berbuka puasa.

Ajak Si Kecil Mencoba Berpuasa

Setelah menjelaskan apa itu puasa, maka ajaklah si kecil mencoba berpuasa. Di puasa pertamanya, berikan pilihan kepadanya apakah ingin berpuasa penuh atau setengah hari?atau kalau perlu, mulailah percobaan puasa setengah hari.

Ciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Agar si kecil merasa puasa hal yang menyenangkan, maka ciptakanlah suasana berpuasa yang menyenangkan seperti bercerita tentang para nabi, menyiapkan makanan sahur dan berbuka sesuai kesukaan mereka.

Beri Apresiasi Saat Si Kecil Berhasil Berpuasa

Setelah si kecil berhasil menyelesaikan puasanya maka beri mereka apresiasi atas kesabaran dan usaha mereka. Berilah apresiasi dengan cara yang positif, seperti menggunakan kata-kata penyemangat. Jangan pernah menjajikan hadiah kepada si kecil. Ia akan bersemangat puasa kalau ada hadiah untuknya. Bukannya melakukan puasa karena hatinya.

Alihkan Perhatian Si Kecil Saat Rewel

Rewel menjadi kendala bagi orang tua saat mengenalkan dan melatih si kecil berpuasa. Rewel yang ia rasakan mungkin karena rasa haus dan lapar. Atasi hal ini dengan mengajak si kecil bermain dengan mainannya atau tidur siang agar ia lupa dengan rasa haus dan laparnya.

Siapkan Makanan yang Tepat untuk Si Kecil

Agar Si kecil lebih semangat menjalankan puasa, maka siapkanlah makanan-makanan yang tepat untuk si kecil. Bahan makanan yang wajib untuk menu si kecil yaitu makanan yang mengandung daging dan sayuran serta  buah-buahan untuk menyegarkan selama berpuasa seharian penuh. Tentu makanan sehat menjadi prioritas untuk si kecil.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews