Bandara Hang Nadim Dikembangkan 2019, Perusahaan Eropa Ikut Lelang

Bandara Hang Nadim Dikembangkan 2019, Perusahaan Eropa Ikut Lelang

Pesawat Citilink tengah parkir di Bandara Hang Nadim Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Investor asal Eropa mengaku tertarik mengembangkan Bandara Hang Nadim Batam yang akan dilaksanakan pada Januari atau Februari 2019, kata Deputi II BP Batam Yusmar Anggadinata.

"Saat ini dokumen tendernya sedang disiapkan, mudah-mudahan akhir tahun ini sudah ada penunjukan pemenangnya," kata dia di Batam, Rabu.

Yusmar mengatakan September 2018 tender atau lelang pengembangan Bandara Hang Nadim Batam mulai dibuka.

Pihaknya berharap proses pelelangan berjalan lancar dan audah bisa dimulai pada akhir Desember tahun ini.

"Akhir Desember mudah-mudahan sudah ditentukan calon mitra kita," ujar Yusmar. Saat ini, tambah Yusmar, ada 20 investor yang berminat untuk melakukan pengembangan Bandara Hang Nadim dengan persentase, 40 persen dari dalam negeri dan 60 persen dari luar negeri.

"Investor luar negeri ada dari Amerika, Kanada, Eropa, Korea dan Jepang, namun yang paling banyak investor dan tertarik untuk pengembangan bandara dari Eropa," kata Yusmar.

Dalam pengembangan tersebut nantinya dilakukan  perbaikan terminal satu, membangun terminal dua, terminal kargo dan perawatan bandara.

"Terminal penumpang luasnya nanti dua kali lipat dari sekarang," ujar Yusmar. Saat ini, kata Yusmar, kapasitas Bandara Hang Nadim Batam dapat menampung lima jutaan penumpang per tahun

Namun realisasinya, tambah Yusmar, mencapai 6,5 juta penumpang atau lebih besar dari kapasitas awal. "Jadi sudah overload kalau ada penambahan nanti bisa sampai 15 jutaan," kata Yusmar.

Yusmar menambahkan Bandara Hang Nadim dan sekitarnya akan dikembangkan sebagai kawasan logistik, sehingga nanti gudang-gudang industri nantinya akan ada di sekitar Bandara. Yusmar yakin pekerjaan pengembangan Bandara Hang Nadim tidak sampai satu tahun.

"Mungkin akhir tahun 2019 sudah bisa digunakan," ujar Yusmar.

(ant)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews