5 Menu Sahur yang Bikin Cepat Haus Saat Puasa

5 Menu Sahur yang Bikin Cepat Haus Saat Puasa

Menunggu buka puasa (ilustrasi)

BATAMNEWS.CO.ID, - Menahan haus adalah salah satu hal yang harus dilakukan orang yang sedang berpuasa.  Ini bukan perkara mudah, apalagi ketika puasa di tengah cuaca panas terik seperti di musim kemarau ini.

Seberat apapun, menahan haus untuk menjalankan ibadah puasa memang harus dilakukan. Untuk menghindari tidak mudah haus di siang hari ketika sedang berpuasa, coba hindari 5 menu sahur berikut ini.

1. Makanan pedas

Setiap menyantap pedas, pasti hasrat ingin minum kita semakin meningkat karena mulut terasa terbakar. Walaupun sudah selesai makannya, rasa terbakar itu seringkali tersisa.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan pedas untuk sahur. Seperti olahan rica-rica, ayam geprek, dan balado.

2. Makanan yang terlalu manis

Banyak yang menganggap makanan manis atau yang mengandung gula dapat memberikan asupan energi selama berpuasa. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah.

Hanya saja, menyantap makanan manis terlalu banyak saat sahur dapat membuat anda cepat merasa haus. Makanan manis yang dimaksudkan bukan cuma yang berkecap manis atau ditambahkan gula pasir saja.

Nasi putih juga termasuk di dalamnya karena memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Kurangi porsi nasi ketika sahur atau bisa juga mengganti nasi putih dengan nasi merah yang merupakan karbohidrat kompleks dan rendah gula.

3. Makanan mengandung MSG dan kadar garam tinggi

Menghindari makanan asin dan gurih saat sahur, bukan berarti tidak boleh pakai garam sama sekali. Yang penting, perhatikan saja keseimbangan menu sahur anda.

Selain itu, sebisa mungkin hindari mengonsumsi mie instan sebagai makanan sahur. Bukan hanya bikin cepat haus, tetapi juga bikin cepat lemas dan lapar.

4. Makanan bersantan

Makanan bersantan memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat membuat anda cepat merasa lelah dan haus saat berpuasa. Makanan yang perlu dihindari sebagai santapan sahur adalah yang kandungan santannya cukup tinggi.

5. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cokelat bersifat diuretik pada tubuh, yaitu meningkatkan kebutuhan anda untuk buang air kecil. Jadi, banyak air dalam tubuh yang terbuang, kemudian akhirnya tubuh merasa kekurangan air dan butuh minum.

Jika anda butuh minuman hangat saat sahur, lebih baik ganti saja kopi, teh, atau cokelat dengan air putih hangat. Lebih sehat, tidak membuat cepat haus, dan pastinya memberikan keseimbangan untuk tubuh anda.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews