Jokowi Kucurkan Ratusan Miliar Benahi dan Percantik Pasar Atas Bukittinggi

Jokowi Kucurkan Ratusan Miliar Benahi dan Percantik Pasar Atas Bukittinggi

Jam Gadang (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Presiden Joko Widodo berjanji bakal menjadikan kota wisata Bukittinggi, Sumatera Barat, lebih indah.

"Pasar ini tak boleh dibiarkan terbengkalai. Meskipun kewenangan Pemerintah Daerah, semua pihak tetap harus turun tangan," ujar Jokowi di akun Facebooknya Presiden Joko Widodo, Minggu (6/4/2018).

Menurut Jokowi, sangat disayangkan, kebakaran Oktober tahun lalu membuat Pasar Atas 1.000 kios di pasar ini ludes dilalap api.

Padahal, kata Jokowi, Bukittinggi juga salah satu pusat perekonomian yang begitu hidup di Sumatera Barat. Sejak pertengahan abad ke-19, di kota ini sudah berdiri pasar modern, Pasar Atas yang lokasinya tepat di pelataran Jam Gadang, ikon kota Bukittinggi.

"Karena itulah, saya memerintahkan Kementerian PUPR untuk membangun Pasar Atas tahun ini juga," katanya. 

Dihitung-hitung, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp354 miliar melalui APBN tahun 2018. Pembangunannya akan memakan waktu 17 bulan, dari bulan Juli 2018 sampai tahun 2019.

Desain pasar hemat energi dan dibuat menarik sehingga menambah daya tarik wisata Bukittinggi. Luas pasar akan dikembangkan dari satu menjadi 1,4 hektare dan dilengkapi ruang parkir basement. Pembangunan pasar akan melibatkan pemerintah daerah sejak tahap perencanaan hingga konstruksinya.

sejuk berpagar Gunung Singgalang dan Gunung Marapi ini pernah menjadi ibu kota negara pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews