Bintan Jadi Tuan Rumah Cagar Budaya 2018

Bintan Jadi Tuan Rumah Cagar Budaya 2018

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Bintan, Dalmasri Syam berkunjung ke Kantor Kwarnas Pramuka Pusat di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 6, Jakarta Pusat Selasa (24/4/2018)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kabupaten Bintan akan menjadi tuan rumah Kemah Cagar Budaya Tingkat Provinsi Kepri 2018. Acara itu dipusatkan di Bumi Perkemahan Bintan, Kelurahan Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan dari 11-13 Mei mendatang.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Bintan, Dalmasri Syam sudah berkunjung ke Kantor Kwarnas Pramuka Pusat di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 6, Jakarta Pusat Selasa (24/4/2018) untuk memastikan kegiatan tersebut.

"Bintan menjadi tuan rumah. Jadi kami harus melaporkan pelaksanaan acara itu ke Kwarnas Pramuka Pusat secara langsung," ujar Ketua Kwartir Cabang Pramuka Bintan, Dalmasri Syam, Rabu (25/4/2018).

Dalam kunjungan itu, Kwarnas Pramuka Pusat sangat mendukung terlaksananya Kemah Cagar Budaya Tingkat Provinsi Kepri 2018. Lalu pihaknya juga menyampaikan beberapa program tahun 2018, termasuk beberapa kegiatan dan program tahun sebelumnya.

"Kami sudah bersilahturahmi dengan Kwarnas Pramuka Pusat. Mereka sangat mendukung apa yang akan kita laksanakan," jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pertama kali di tanah Melayu ini merupakan bentuk kerjasama antara Kwarcab Gerakan Pramuka Bintan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Korwil Sumatera Barat, Riau dan Kepri.

Direncanakan, kemah ini akan diikuti oleh 165 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Provinsi Kepri. Melalui acara ini juga dia ingin memperkenalkan cagar budaya, mengunjungi museum dan beberapa kegiatan seru lainnya yang berkaitan dengan kebudayaan di Bintan.

"Nantinya para peserta akan menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing serta keterampilan para Pramuka Penegak dan Pandega," katanya.

“Harapan kita budaya Melayu bisa teredukasi di anak-anak Pramuka. Selama ini mungkin hanya sekadar cerita, nanti jadi sebuah kisah nyata pada acara perkemahan tersebut,” kata dia lagi.

Ketua Kwarnas Pramuka Pusat, Adhyaksa Dault mengatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan Kemah Cagar Budaya bagus sebagai edukasi para anggota Gerakan Pramuka.

Lewat kegiatan ini juga bisa membuat semangat mereka semakin tinggi untuk melestarikan dan menjaga cagar budayanya.

"Kekuatan dan kelebihan dari kegiatan luar ruangan adalah apa yang mereka lihat, rasakan, dan lakukan menjadi ilmu bagi mereka. Interaksi dan partisipasi mereka juga meningkat," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews