Peran Kartini Muda di Kepri Harus Terus Ditingkatkan

Peran Kartini Muda di Kepri Harus Terus Ditingkatkan

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang  - Data di Pemerintahan Kepri menunjukkan perempuan belum banyak duduk di pemerintahan. Apakah akan seperti ini selamanya?

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepri, Misni mengatakan para generasi muda dari berbagai organisasi kepemudaan biasanya memperingati Hari Kartini.

Yakni untuk membuka kembali rekaman sejarah pilu sang Kartini dalam mencerdaskan anak bangsa di kala negeri dijajah Belanda.

"Paling tidak, kegiatan itu dapat merangsang semangat generasi muda, terutama para pemudi untuk berperan di segala bidang," kata Misni, Jumat (20/4/2018)

Ia menuturkan, R.A Kartini merupakan sosok perempuan yang jauh lebih maju pada zamannya karena berani keluar dari kultur dan tradisi yang saat itu di junjungnya.

"Kami yakin dan percaya, kondisi ini akan berubah. Negara memberi peluang bagi kalangan perempuan untuk bangkit, perperan pada segala bidang," tuturnya.

Kartini belajar dengan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya yang kemudian dengan ilmunya kartini mengajarkan kembali kepada wanita-wanita lainnya.

"Kita memperingati hari kartini sebagai simbol kebangkitan peran wanita dalam pembangunan, di mana peran wanita tidak hanya dalam ranah domestik tapi sudah merambah ke ranah publik," katanya.

Perempuan memiliki peran besar dalam kemajuan suatu bangsa, karena dari perempuan-perempuan cerdaslah akan lahir generasi yang cerdas pula. "Oleh karena itu isu gender menjadi penting pada era kekinian," ujarnya lagi

Misni menambahkan, perempuan tidak ingin lebih mengambil peran dari laki-laki, melainkan cukup 30 persen dari jumlah laki-laki di seluruh kedudukkan.

"Tetapi apa yang terjadi? Hari ini, peran perempuan di Kepri belum terlalu menonjol. Mereka seperti "kaku" di rumah, padahal memiliki potensi yang dapat membantu negeri ini tumbuh menjadi bangsa yang besar," sebutnya. (*)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews