Tanjung Setia, Surga Tersembunyi di Pesisir Barat Lampung

Tanjung Setia, Surga Tersembunyi di Pesisir Barat Lampung

Ombak di Pesisir Barat Lampung (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Pesisir Barat – Walau belum setenar Bali, Lampung memiliki banyak wisata bahari yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Tanjung Setia. Mungkin, banyak yang belum mengetahui Tanjung Setia. Tapi, bagi surfer mancanegara, pantai di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, adalah surga yang tersembunyi.

Banyak surfer dunia datang untuk menaklukkan ombak Tanjung Setia. Ombak di kawasan ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Hal tersebut disampaikan salah seorang juri Krui Pro 2018 Surfing Competition, Tye.

“Ombak Tanjung Setia sangat luar biasa. Salah satu yang terbaik di Indonesia, mungkin juga dunia. Tidak ada masalah dengan venue, semua surfer menyukainya,” tutur pria asal Australia tersebut, Minggu (15/4).

Menurut Tye, saat ini Tanjung Setia telah dikenal luas di kalangan surfer dunia. Oleh karena itu, tidak terlalu sulit untuk mendatangkan mereka. 

“Ada yang berbeda dari tahun lalu. Tahun lalu, sulit meyakinkan peserta. Tapi setelah pelaksanaannya sukses dan mereka tahu kalau ombak Tanjung Setia sangat luar biasa, tahun ini peserta menjadi banyak,” katanya.

Salah seorang peserta asal Australia, Kalm, menilai ombak di Tanjung Setia sangat menantang untuk ditaklukkan. “Ombaknya hangat dan cukup menantang untuk ditaklukkan,” tutur Kalm yang mengaku sudah dua kali ke Tanjung Setia.

Menariknya, Krui Pro 2018 bisa disaksikan langsung di seluruh penjuru dunia. Sebab, even ini akan disiarkan melalui live streaming oleh World Surf League. Yang artinya, perhatian pecinta surfing dunia akan terfokus ke Tanjung Setia dalam sepekan ke depan. Potensi untuk menjaring wisatawan pun akan semakin terbuka.

Dalam konferensi pers di Tanjung Setia, Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata, Ratna Suranti, mengatakan potensi yang dimiliki Tanjung Setia sangat luar biasa. 

“Kementerian Pariwisata mendukung Krui Pro ini karena memang potensinya bagus. Apalagi secara atraksi. Tidak perlu diragukan lagi. Ombak Tanjung Setia mampu menghadirkan wisatawan mancanegara untuk berselancar. Amenitas pun tersedia. Banyak resort dan penginapan walau jumlahnya masih harus ditambah. Makanan pun tidak pernah dikeluhkan para surfer. Jika nanti aksesnya semakin lengkap dan bagus, Tanjung Setia bisa kebanjiran wisatawan,” kata Ratna, mewakili Kepala Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata, Indroyono Soesilo.

Sedangkan Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, didampingi Asdep Pemasaran Area I Zona I Masruroh, menilai potensi wisata bahari Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

“Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya akan potensi wisata bahari. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki destinasi wisata bahari. Keberadaan Tanjung Setia mempertegas itu. Tempat ini menjadi istimewa karena telah dikenal luas di mancanegara. Khususnya para surfer,” tutur Pitana yang dibenarkan Kabid Pemasaran Kawasan Kepri Hendry Noviardi.

Apresiasi juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya terhadap Tanjung Setia. Apalagi, dengan ombaknya yang indah, Tanjung Senang mampu mendatangkan wisatawan.

“Tanjung Setia ini luar biasa. Sudah dikenal luas di kalangan surfer. Ini membuktikan jika Tanjung Setia mempunyai potensi yang istimewa. Apalagi sekarang Tanjung Setia memiliki even rutin bertaraf internasional, yaitu Krui Pro. Yang membuatnya istimewa, Krui Pro disiarkan langsung secara streaming dan bisa dinikmati di penjuru dunia. Potensi untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi sangat terbuka. Maju terus Tanjung Setia,” katanya.

(adv)

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews