Budjet Tipis? Jangan Tunda Destinasi Impian Anda, Berikut Cara Kelola Budjetnya

Budjet Tipis? Jangan Tunda Destinasi Impian Anda, Berikut Cara Kelola Budjetnya

sumber: gaebler.com]

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mungkin dibenak Anda sudah terbayang destinasi-destinasi impian yang ingin didatangi. Namun tidak semua destinasi cocok dikantong Anda. Bukan mustahil Anda bisa mewujudkannya. Salah satu solusinya adalah Anda perlu mengatur persiapan budjet sebelum traveling.

Tidak semua orang mampu membuat jadwal atau perencanaan yang baik untuk traveling. Terutama untuk perencanaan budget. Pada dasarnya, budget memang sangat diperlukan sekecil apa pun nominalnya. Anda perlu bijak mengelola keuangan untuk traveling agar dapat menyesuaikan budjet sesuai destinasi yang dipilih.

Berikut ini beberapa tips mengelola budget dengan bijak sebelum traveling.

Buat Catatan Perencanaan Budget
Anda harus bisa mengatur perencanaan ketika akan belanja dan mengalokasikan uang saat ber-traveling dengan membuat perencanaan budjet. Anda bisa membuat perencanaan budget dan catatan apa pun dalam smartphone Anda. Pastikan jika semua sudah Anda catat dengan benar dan terperinci.

Mengikuti Rencana yang Sudah Dibuat
Anda bisa rugi besar jika keluar dari perencanaan pengeluaran saat traveling. Karena itu, ada baiknya lakukanlah sesuai rencana. Jangan membelokkan rencana awal menjadi buruk. Anda harus sudah punya rencana B, rencana C, dan sebagainya agar nantinya tidak merugi saat sudah tiba di Tanah Air.

Mencari Kerja Sampingan
Pekerjaan sampingan akan lebih membantu Anda dari segi finansial sehingga nantinya Anda tidak terlalu banyak merugi. Anda bisa mengalokasikan gaji atau uang dari kerja sampingan untuk belanja di tempat wisata dan lain sebagainya sehingga kegiatan berlibur tersebut tidak akan membuat kantong kering ketika kembali dari liburan.

Rajin Menabung 20% dari Gaji
Menabung akan membuat hidup Anda jauh lebih baik karena Anda sudah punya simpanan uang apabila nanti ada hal buruk atau mendesak yang datang. Misalnya, ketika sakit, tiba-tiba ada kerusakan pada rumah, kendaraan, dan rencana traveling mendadak. Dengan menyisihkan 20% dari gaji, tentu hal ini akan sangat membantu Anda. Dengan begitu, segala kegiatan akan terasa aman dan nyaman. Jangan lupa juga untuk membuat target. Misalnya, Anda membuat target menabung khusus untuk liburan dengan 10% uang gaji dan 10% lagi untuk belanja kebutuhan atau perawatan tubuh. Membuat rencana atau target akan membuat Anda lebih mudah untuk mencapai apa yang Anda mau.

Jangan Ragu Cari Tiket Promo
Dengan memanfaatkan tiket promo, Anda akan lebih hemat dalam masalah biaya. Rajin-rajinlah mengecek situs jual beli tiket di internet. Sebab promo biasanya muncul secara tiba-tiba tanpa disadari.

Menyiapkan Uang Cadangan
Salah satu cara berlibur yang aman adalah dengan menyiapkan uang cadangan atau tabungan rahasia. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk waktu yang mendesak. Misalnya, sakit saat traveling dan harus membeli sesuatu yang hanya ada disana dan tidak bisa dibeli di tempat lain. Cara memiliki uang cadangan adalah dengan menabung. Sebab dengan menabung akan membuat hidup kita lebih aman tidak hanya saat traveling, tapi setiap hari.

(elz)

 


Berita Terkait