Lego Jangkar di Kepri Jadi Tiga Titik

Lego Jangkar di Kepri Jadi Tiga Titik

Lego jangkar (Foto: Ilustrasi/google)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan akan mengurangi titik lego jangkar di perairan Kepulauan Riau.

Saat ini ada 17 titik lego jangkar. Semuanya sulit untuk diawasi dan dikendalikan.

“Paling penting lego jangkar kapal itu bisa terkendalikan. Sekarang kita lihat ada 17 lokasi lego jangkar. Kita mau tertibkan, jadi tiga," ujar Luhut di Dermaga Pelabuhan Batu Ampar, Kamis (15/3/2018). 

Menurutnya, pengurangan titik lego jangkar ini untuk memaksimalkan pendapatan negara namun karena terlalu banyak sehingga potensi yang dihasilkan belum maksimal. 

“Potensi lego jangkar ini sudah beberapa kali pertemuan di Jakarta. Setelah dari sini kita akan rapatkan lagi, Supaya lebih efisien dan efektif,” kata dia. 

Karena saat ini pemerintah pusat belum menetapkan tata ruang atau zonasi logo jangkar di Batam yang kerap menjadi tempat parkir kapal-kapal tengker. 

Luhut mengaku pembahasan tata ruang laut di Batam sedang diselesaikan bersama Gubernur Kepri.

"Masing-masing Kementrian akan terlibat, nanti mereka melihat dan meninjau. Nanti Kamis mendatang dilanjutkan rapat kordinasi," kata dia. 

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang juga ikut bersama rombongan menambahkan penertiban titik lego jangkar ini untuk memudahkan dalam segi pengawasan. 

“Kalau sedikit gampang diawasi, sehingga berkontribusi besar bagi daerah,” ujar Nurdin.

Selain itu, titik lego jangkar dinilai tidak menarik karena terlalu banyak jumlahnya. Kecenderungan ini menyebabkan kapal-kapal menjadi enggan untuk parkir.

(ret)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews