Kabar Gembira Bagi Anak Bintan, PT BRC Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis

 Kabar Gembira Bagi Anak Bintan, PT BRC Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis

Maya Eka Sepriana merupakan putri asal Kampung Sidomulyo, Desa Sebong Pereh yang dikuliahkan PT BRC di salah satu universitas di Yogyakarta. (foto: ary/istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kabar gembira bagi putra dan putri asal Kabupaten Bintan yang berdomisili di 10 kecamatan. Tahun ini, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi telah membuka pendaftaraan beasiswa kuliah gratis di Perguruan Tinggi (PT) Negeri se-Indonesia.

Pendaftarannya akan dibuka sampai 15 Maret ini. Bagi yang ingin mendapatkan kuliah gratis tersebut bisa segera mendaftarkan diri dengan mengambil fomulirnya di 8 lokasi yang telah ditentukan. 

Diantaranya di SMAN 1 Kecamatan Teluk Sebong, SMAN 1 Kecamatan Bintan Utara, SMK Perkapalan, SMKN 1 Bintan, SMK Muhamadiyah, SMKN 1 Perikanan Kecamatan Sri Kuala Lobam, seluruh kantor desa di Kecamatan Teluk Sebong, dan Kantor CD atau HRD PT BRC di Lagoi.

Manager CD PT BRC, Machsun Asfari mengatakan PT BRC membuka peluang besar bagi anak Bintan untuk mendapatkan kuliah gratis. Program itu adalah Beasiswa Higher Education Assistance (HEA) yang merupakan beasiswa pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri.

"PT BRC memberikan beasiswa kuliah gratis kepada putra dan putri daerah setiap tahunnya. Tujuannya agar anak tempatan mampu membangun daerahnya sendiri melalui investasi pengembangan sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas," ujar Machsun, Sabtu (10/3/2018).

Dalam beasiswa kuliah gratis ini, PT BRC menawarkan 11 kejuruan kepada putra dan putri daerah. Yaitu S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Teknik Informatika/Software Engineering, SI Pendidikan IPA, SI Pendidikan IPS, SI Psikologi, Manajemen Pariwisata, CTE F & B Serivices, CTE F & B Product, CTE Front Office, CTE Pastry, dan CTE Haouse Keeping.

Sedangkan syaratnya yaitu mengisi fomulir, melampirkan pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, dan foto kopi rapor dari kelas X-XII. Kemudian kirimkan di 8 lokasi yang telah ditentukan. 

"Bagi lulusan SMA/MA/MK tahun 2018/2019 bisa mendaftarkan diri di 8 lokasi yang disediakan. Pendaftarannya sudah diperpanjang yaitu sampai 15 Maret 2018," jelasnya.

Setelah pendaftaran ini ditutup, PT BRC akan melakukan seleksi secara ketat melalui ujian tes tertulis dan tes interview. Setelah itu akan diumumkan bagi 2 orang yang lulus dalam ujian tersebut.

Bagi anak Bintan yang beruntung, PT BRC akan menangung semua biaya selama perkuliahan sampai wisuda. Mulai dari biaya pendidikannya, makan dan minumnya, tempat tinggal, kesehatan, transportasi selama kuliah dan uang saku setiap bulannya. Bahkan juga disediakan tiket pesawat pulang dan pergi (pp) dari daerah tempat berkuliah sampai ke daerah asal sebanyak 2 kali dalam setahun.

"Jadi bagi yang lulus nantinya hanya bawa badan dan pikirannya untuk fokus berkuliah. Selain dari itu, PT BRC yang akan menanggungnya sampai menyabet gelar sarjana. Bahkan setelah itu akan diperkerjakan di Kawasan Pariwisata Lagoi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir memberikan apresiasi kepada PT BRC yang telah lama membantu perkembangan dunia pendidikan di Bintan. Tahun ini merupakan yang ke 19 tahunnya bantuan pendidikan itu diberikan.

"Ini sangat luar biasa dan harus dicontohi oleh perusahaan swasta lainnya," ucapnya.

Bantuan pendidikan yang diberikan PT BRC terhadap anak Bintan sangat meringankan beban Pemkab Bintan. Sebab pemerintah memiliki keterbatasan anggaran sehingga tidak bisa memberikan bantuan pendidikan itu secara menyeluruh.

"Pemerintah memiliki anggaran untuk sektor pendidikan. Tetapi anggarannya sangat terbatas sehingga perlu uluran tangan dari dana CSR seperti yang dilakukan PT BRC ini," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews