[Jurnalisme Warga] Cerita Penipu Dagangan Online Dikerjai Konsumen di Batam

[Jurnalisme Warga] Cerita Penipu Dagangan Online Dikerjai  Konsumen di Batam

Dompet yang dikirim pelaku penipuan kepada calon pembeli iPhone5 di Batam. (Foto: Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Seorang warga Batam, Tri Sutrisno berhasil mengerjai seorang penjual handphone di jejaring sosial facebook. Pelaku yang diduga hendak menipu tersebut meminta ia mengirimkan sejumlah uang.

Simak penuturan Tri Sutrisno dalam jejaring sosial facebook berikut ini:

Hati-hati penipuan belanja online!

Kronologi:

Seseorang menawarkan Iphone 5s bekas di forum jual beli dengan harga 2.700.000,-

Waw merupakan harga yang murah untuk sekelas iphone 5s. Dapat dipastikan 95 % ini adalah penipu. Berniat ngerjain, saya pura2 polos menghubungi pelaku, bahkan dia bersedia mengirimkan barang terlebih dahulu, setelah nomor resi bisa di cek baru dikirim pembayarannya. Berkali kali pelaku gonta ganti DP bbm dengan memakai seragam seolah olah dia adalah oknum kepolisian, dan status selalu religius untuk meyakinkan korban bahwa dia adalah orang baik baik.
Singkat kata, setelah barang dikirim oleh pelaku, saya telpon cs JNE dan menanyakan tentang informasi isi paket sesuai dengan nomor resi yang diberikan pelaku kepada saya. Cs JNE menerangkan bahwa menurut yang di informasikan oleh pengirim isi paket tersebut berupa "dompet". Benar juga dugaan saya, seseorang mencoba menipu. Percakapan dengan cs jne td saya record dan saya kirimkan kepada pelaku, namun pelaku tetap berdalih dengan alasan sengaja bilang dompet sama kurir agar ongkir bisa lebih murah. Kemudian mendesak saya untuk mengirimkan pembayaran sesegera mungkin. Tentu saja saya menolak, dan saya katakan akan menunggu paket nya terlebih dahulu dan memastikan isinya sesuai pesanan saya baru kemudian dibayar. Hari ini paket dari pelaku sudah saya terima, isinya seperti difoto. Padahal saya sudah berjanji akan mengganti segala kerugian yang ditimbulkan berikut ongkir nya pada pelaku. Namun apa daya bbm sudah di delcont, nomor hp sudah ga aktif. Barangkali penipunya baca ini, silahkan inbox saya untuk harga dompetnya.!
Xixixixi

Jadi bagi kamu yang bertraksaksi online sebaiknya berhati-hati. Pastikan calon penjual adalah orang yang dapat Anda percayai.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews