Komunitas 212 Mart Targetkan 20 Gerai di Batam

Komunitas 212 Mart Targetkan 20 Gerai di Batam

Ketua Komunitas 212 Mart wilayah Batam, Muhammad Iqbal bersama seluruh Komunitas KS212 Batam dan Direktur Eksekutif KS 212 Pusat Dr. Ahmad Juwaini (Foto: dok. pribadi).

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Koperasi 212 Mart berencana akan membuka 20 gerai di seluruh Kota Batam, Kepulauan Riau. Saat ini sudah ada satu gerai di Perumahan Hang Tuah Mega Legenda, Batam Centre.

Koperasi yang meneruskan konsep Bapak Koperasi, Bung Hatta ini akan bekerja sama dengan UKM-UKM untuk memajukan ekonomi Batam.

Konsep gerai 212 Mart yang tidak jauh modelnya dengan mini market lainnya, namun 212 Mart memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu perekonomian daerah dan umat.

Gerai 212 Mart merangkul UKM-UKM di daerah untuk bergabung, yang tujuannya untuk meningkatkan para pelaku UKM tersebut.

“Konsep yang bagus, kebersamaan, dari kita untuk kita,” ujar Ketua Komunitas 212 Mart wilayah Batam, Muhammad Iqbal kepada batamnews.co.id, kemarin.

Muhammad Iqbal melanjutkan, multi efek yang dihasilkan dari 212 Mart ini nantinya akan membuka banyak lowongan pekerjaan serta memajukan perekonomian daerah.

Muhammad Iqbal bersama Dr Ahmad Juwaini 

“Ketika UKM bergerak, UKM ini akan menambah karyawan, penghasilan bertambah. Itu luar biasa, ini sebenarnya konsep bandar dunia kota madani mungkin begitu seharusnya. Memberdayakan daerah,” ucapnya.

Gerai 212 mart ini juga mempunyai visi berjamaah, amanah dan izzah.

“Izzah ini kan kebaikan untuk bersatu, jadi ini sebenarnya bisa memperdayakan UKM di situ,” paparnya.

Ia menyebutkan, untuk produk UKM yang akan diperjualkan harus sudah mempunyai izin dari dinas.

“Seperti halal dan izin-izin yang lainnya seperti itu,” ungkap Muhammad Iqbal.

Ia menerangkan, untuk produk-produknya sama dengan kebanyakan mini market lainnya. Namun yang menjadi pembeda adalah jajanan-jajanan dari UKM juga diperjualkan di sana.

“Seperti kacang, kerupuk, durian. Jadi kalau UKM ini diberdayakan, ini Batam bergulir lagi nih. Artinya, harusnya pemerintah harus mendukung ini nih,” kata dia.

Iqbal juga akan menargetkan sampai akhir tahun 2018 ini akan membuka 20 gerai 212 Mart di Batam.

“Sekarang masih satu, cuma target kita itu rencana akan buka 20 gerai dan 60 persen UKM yang masuk,” ungkapnya.

Ia mengakui, bahwa respon positif bukan hanya datang dari Batam saja, bahkan kemarin dia melakukan sosialisasi ke Tanjung Balai Karimun.

“Ke Tanjungpinang juga akan dilakukan sosialisasi, kalau Bintan sudah ada,” ujar Muhammad Iqbal.

Ketua Komunitas Muhammad Iqbal juga berpesan kepada pengurus Koperasi 212Mart di setiap komunitas Kota Batam, agar menjaga amanah yang telah diberikan anggota koperasi.

"Karena hal ini sebagai kunci sukses untuk mencapai target 20 Mart dan kunci untuk meningkatkan peran UKM di Kota Batam," ucapnya.

(yud)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews