PDAM Karimun Masih Kekurangan Waduk Air Bersih

PDAM Karimun Masih Kekurangan Waduk Air Bersih

Dirut PDAM Tirta Karimun Indra Santo (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pengadaaan air bersih di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, masih dalam tahap pengembangan dan penambahan waduk air bersih untuk bisa nikmati masyarakat di Karimun serta penambahan pipa.

Sampai saat ini, PDAM Tirta Karimun yang mengelola sumber air bersih, masih dalam proses pembenahan, baik internal dan juga pelebaran jaringan pemasangan pipa.

Direktur Utama PDAM Tirta Karimun, Indra Santo menyebutkan, bahwa untuk saat ini masih melakukan pembenahan, penambah jaringan di wilayah yang belum teraliri, dan akan menambah waduk sumber air baku.

“Masih ada terkendala. Tapi kita akan menambah sumber air, waduk Sentani yang akan dikembangkan pada 2018 ini,” katanya.

Kecamatan Tanjungbalai dan Meral, sudah hampir merata dialiri oleh air PDAM, sementara untuk Kecamatan Tebing dan Meral Barat dalam proses pengembangan pemasangan jaringan.

“Pelanggan saat ini tercatat sebanyak 7012 pelanggan, dan sekitar 500 dalam daftar tunggu pengajuan,” ujar Indra.

Tirta Karimun saat ini tengah berupaya mengajukan ke Pemerintah Daerah untuk menaikkan tarif air, bertujuan untuk memperluas dan mengaliri Karimun dengan air bersih.

“Tarif harus sesuai dengan operasional, target kita di 2019, semua wilayah Karimun telah teraliri dengan air bersih,” katanya.

Saat ini, Karimun memiliki dua waduk, yaitu waduk sei Pongkar dan Sei Bati. Untuk waduk sei Sentani akan di kembangkan pada tahun 2018 seiring dengan pengembangan jaringan.

(edo)

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews