Lee Kuan Yew Wafat

Pemimpin Dunia Turut Berduka Cita, Puji Lee Kuan Yew Tokoh Besar Sejarah

Pemimpin Dunia Turut Berduka Cita, Puji Lee Kuan Yew Tokoh Besar Sejarah

Lee Kuan Yew

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Ucapan duka cita berdatangan dari sejumlah kepala negara dan pemimpin dunia atas wafatnya mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Lee Kuan Yew. Obama memuji sosok Lee Kuan Yew sebagai tokoh besar sejarah.

Obama mengatakan, Lee Kuan Yew adalah seorang visioner yang memimpin negaranya dari mulai kemerdekaan Singapura pada tahun 1965 hingga menjadi salah satu negara paling makmur di dunia saat ini.

"Dia ada seorang pelayan publik yang dicintai dan pemimpin yang luar biasa," ujar Obama dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Senin (23/3/2015).

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyampaikan belasungkawa mendalam kepada rakyat Singapura atas wafatnya pemimpin mereka, sekaligus pendiri Singapura Lee Kuan Yew.

Sebagai negara tetangga, Najib Razak merasa kehilangan, terlebih pencapaian Lee dalam membangun Singapura sangat besar.

Atas nama seluruh warga Malaysia, Najib menyampaikan belasungkawa mendalam kepada rakyat Singapura.

"Pencapaian bapak bangsa Lee Kuan Yew sangat besar dan warisannya diakui," tulis Nabib dalam akun facebook kepada PM Singapura Lee Hsien Loong, seperti dilansir Channel News Asia, Senin (23/3/2015).

Presiden Filipina Benigno Aquino juga menyampaikan menbelasungkawa mendalam. Menurutnya, sebagai perdana menteri, Mr telah menunjukkan pengabdian yang besar dan teguh bagi negaranya.

"Mengubah Singapura menjadi pernyataan yang menjadi contoh bagi efisiensi, modernisasi, dan pemerintahan jujur," ujar Presiden Aquino seperti dilansir Straits Times.

 Aquino menyatakan, warga Filipina menunjukkan solidaritas bagi Singapura yang kini dalam masa berkabung.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (China) Hong Lei juga menyatakan ucapan duka cita atas berpulangnya Lee Kuan Yew.  

Hong Lei memuji Lee Kuan Yew sebagai pemimpin politik Asia dengan pengaruh unik dan juga ahli strategi dengan sistem oriental dan perspektif internasional.

"Dia merupakan pendiri dan batu penjuru hubungan Sino-Singapura, memajukan kerja sama bilateral dan memberikan kontribusi historis terhadap pendirian dan pengembangan hubungan bilateral," imbuhnya.

 

[dtc]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews