Megawati Umumkan Cagub dan Cawagub Enam Provinsi

Megawati Umumkan Cagub dan Cawagub Enam Provinsi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di enam provinsi pada Pilkada Serentak 2018 di DPP PDIP kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (7/1/2017). (foto: ist/suara.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di enam provinsi pada Pilkada Serentak 2018 di DPP PDIP  kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Enam daerah tersebut adalah Jawa Barat dengan calon TB Hasanuddin berpasangan dengan Anton Charliyan, Jawa Tengah dengan calon Ganjar Pranowo berpasangan dengan  Taj Yasin atau Gus Yasin, Sumatera Utara dengan calon  Djarot Saiful Hidayat berpasangan dengan Sihar Sitorus, Sumatera Selatan dengan calon Dodi Reza Alex Noerdin berpasangan dengan Giri Ramandha Kiemas, Kalimantan Barat dengan calon Karolin Margret Natasa berpasangan dengan Suryadman Gidot dan Kalimantan Timur dengan nama calon Irjen Safaruddin sementara pasangannya belum disampaikan.

Pengumuman ini sekaligus menjawab teka-teki pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah dan Sumatera Utara tahun 2018 yang diusung PDIP. Partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu mengusung kembali Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur.

Calon wakil gubernurnya adalah Taj Yasin Maimoen, Putra sesepuh Nahdlatul Ulama yang juga sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

"Untuk Jateng, yang pertamanya tetap Pak Ganjar Pranowo," ujar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018). Megawati pun menyinggung rambut Ganjar Pranowo yang kini sudah beruban.

"Dulu saya kenal rambutnya hitam, cuma rupanya umur membawa rambut lebih progresif. Ganjar taglinenya mboten korupsi, mboten ngapusi," kata Megawati.

Ada pun Taj Yasin yang menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah pendamping Ganjar Pranowo berhalangan hadir. Sehingga, tidak sempat diperkenalkan Megawati kepada jajaran kadernya hari ini. "Anaknya Mbah Maimoen, Mas Taj Yasin Maimeon. Jadi Pak Ganjar sudah pasti ada wakilnya," pungkasnya.

Di Pilgub Sumut, PDIP mengusung Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut). 

Sejumlah aspirasi pun telah didengarkan sekaligus dipertimbangkannya dalam menetapkan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus itu sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumut itu.

"Anak ini namanya Sihar Sitorus. Anaknya DL Sitorus. Mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya (PSMS)," kata Megawati Soekarnoputri di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018).

Mega berkeyakinan pasangan Djarot dan Sihar Sitorus itu dianggapnya layak memimpin Sumut, meski penetapan Sihar Sitorus sebagai wakil Djarot Saiful Hidayat itu sempat diperdebatkan, terutama terkait marga di suku Batak.

"Kan susah ya, namanya di Sumut itu marga itu banyak sekali, nanti mereka berkelahi. Kalau saya tanya mereka berkelahi itu (marganya) sama enggak sih? Kayaknya sama bu. Satu marga kok ribut ya. Anak ini saya ambil, tapi ada juga yang bilang jangan ini, jangan itu bu. Semua meminta, saya pikir kapan mau jadinya," ujarnya.Lebih lanjut dia mengatakan, Sihar Sitorus juga sempat bekerja sebagai tenaga ahli puterinya yang menjabat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Dia pun mengaku sudah meminta izin kepada Puan Maharani. "Selain itu, Sihar sangat aktif dalam dunia pesepakbolaan di Sumatera Utara. Sihar sempat memimpin klub kebanggaan kota Medan, PSMS," pungkasnya.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews