Penawaran Paket Perjalanan di Kota Batam Minim, Turis Mengarah ke Singapura

Penawaran Paket Perjalanan di Kota Batam Minim, Turis Mengarah ke Singapura

General Manager BUBU Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso. (Foto: Yude/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam kini tidak sekedar kota industri, melainkan juga menjadi kota pariwisata. Bandara Hang Nadim pun berharap Pemko Batam mengupayakan peningkatan jumlah agen travel yang menawarkan paket-paket perjalanan ke Kota Batam.

Pemko dan BP Batam sebelumnya sudah menggadangkan Batam sebagai daerah pariwisata kini.

General Manager Operasional BUBU Hang Nadim, Suwarso mengatakan, kendala di sektor pariwisata selama ini disebabkan masih minimnya paket perjalanan di Batam. Parahnya para wisatawan malah diberi alternatif ke Malaysia atau Singapura.

“Destinasi di Batam apa sih kegiatannya? Kalau alternatifnya ke singapura atau malaysia, ini yang masih menjadi pertimbangan yang besar,” kata dia.

Ia mengatakan saat ini memang sudah ada travel yang bekerjasama dengan pihak bandara, tetapi masih satu yang dari Korea.

“Ada travel Inko dari Korea, ini kerjasama travel di sana sama dengan travel-travel Batam. Dapatlah 175 wisatawan setiap penerbangan seminggu dua kali, selain itu belum ada,” paparnya.

Suwarso menyarankan pemerintah agar lebih agresif untuk menggaet travel-travel itu, agar bisa mendongkrak pariwisata.

“Kita juga sudah ke Pemko Batam, sudah diobrolkan, apa nih yang perlu dikembangkan, kalau dari Bandara kita siap. Untuk kementrian perhubungan akan kita bantu, misalnya izin-izinnya, tapi kalau dari pariwisatanya kan kita tidak bisa masuk ke ranah itu,” kata dia.

Menurut dia, sangat diperlukan koordinasi lebih matang untuk menggaet sektor pariwisata ini. 

(yud)