Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Lucu, Ridwan Kamil Kecewa Berat

Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Lucu, Ridwan Kamil Kecewa Berat

Patung Maung Bandung berada di perempatan Jalan Wastukencana-Cihanpelas. (foto: ist/pikiranrakyat)

BATAMNEWS.CO.ID, Bandung - Masih ingat dengan patung Maung Cisewu, Kabupaten Garut yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu? Nah, kali ini ada juga patung Maung Bandung yang kembali membuat heboh.

Patung itu malah mirip dengan patung Anjing Laut. 

Rencana Pemerintah Kota Bandung untuk membangun monumen tugu Maung Bandung ternyata tidak sesuai harapan. Bahkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kecewa dengan penampilan patung Maung Bandung yang mirip Anjing Laut tersebut. 

Tugu Maung Bandung mirip Anjing Laut itu berada di perempatan Jalan Cihampelas-Wastukancana, Kota Bandung. Di monumen ini terdapat tugu yang di tiap sudutnya terdapat patung Maung Bandung tapi mirip Anjing Laut bahkan sekikas justru mirip beruang. 

Padahal, Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil- berharap patung yang didesainnya itu menggambarkan filosofi Maung Bandung yang gagah dan garang. "Itu teh Maung Bandung. Enyak tapi teu bisaeun (senimannya tidak bisa ternyata -- red). Saya juga enggak happy," ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, Kamis (28/12/2017).

Emil menyebut seharusnya patung Maung Bandung pada tugu tersebut menggambarkan semangat warga Kota Bandung seperti maung yang tergambar di lampu-lampu jalanan. "Tapi malah kayak anjing laut," ucap Emil sambil tersenyum.

Dosen arsitektur ITB itu mengaku sudah mengkritik seniman yang membuat patung tersebut. Rencananya dalam waktu dekat diperbaiki hingga menyerupai maung pada umumnya. "Itu teh empat Maung Bandung ke empat penjuru mata angin. Menjaga selatan, utara, barat dan timur. Tapi senimannya kurang. Sudah saya kritik (senimannya). Kita perbaiki," kata dia. 

Patung Maung Bandung berada di perempatan Jalan Wastukencana-Cihanpelas. Dari kejauhan, monumen ini memiliki tinggi sekitar 5-7 meter. 

Terlihat ada empat patung Maung Bandung berwarna putih di setiap sudut mata angin di monumen tersebut. Selain itu ada juga jam dindingnya. Tetapi, setelah dilihat dari jarak dekat, wajah Maung Bandung terlihat mirip anjing dengan bentuk mulut dan mata yang lucu. 

Hanya saja di sisi mulut terdapat kumis tegang seperti maung. Selain itu, jika melihat dari samping, badan maung malah nampak seperti beruang kutub dengan perawakan gempal dan berwarna putih.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews