El Clasico

6 Fakta dan Perkiraan Pemain Duel Real Madrid vs Barcelona

6 Fakta dan Perkiraan Pemain Duel Real Madrid vs Barcelona

Real Madrid vs Barcelona. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Madrid - Pertandingan bertajuk El Clasico antara Real Madrid kontra Barcelona malam ini menyita perhatian dunia. Laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu itu tetap menampilkan sejumlah fakta menarik. 

Perang bintang selalu mengiringi laga El Clasico. Nama-nama pemain top dunia berada di kubu kedua tim dengan racikan pelatih kelas dunia.

Real Madrid menghadapi pertandingan akbar El Clasico dengan modal positif. Tim asuhan Zinedine Zidane baru saja meraih gelar Piala Dunia Antarklub 2017 setelah mengalahkan Gremio 1-0 di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhabi, 17 Desember lalu.

Barcelona berstatus pemuncak klasemen sementara La Liga, sedangkan Los Blancos di posisi keempat. Real Madrid tertinggal 11 poin dari klub asal Katalan tersebut.

Selain itu, bintang mereka, Cristiano Ronaldo, juga sedang dalam performa terbaik. Kapten timnas Portugal itu sudah mencetak lima gol dalam empat laga terakhir Real Madrid di semua kompetisi.

Kembalinya ketajaman Ronaldo yang sudah mencetak 17 gol selama El Clasico ikut mendongkrak semangat tim yang selalu kalah dalam dua bentrok terakhir dengan Barcelona di La Liga.

Pada laga ini, Valverde akan mempercayakan lini depan untuk mengobrak-abrik gawang Real Madrid kepada Lionel Messi dan Luis Suarez. Sorotan pun akan mengarah kepada Messi apakah mampu menambah golnya di El Clasico.

Pemain asal Argentina itu berstatus top scorer El Clasico dengan gelontoran 24 gol. Ronaldo tentu tidak akan mau kalah bila melihat catatan gol pemain berjulukan La Pulga tersebut. 

Fakta yang Mengiringi Duel El Clasico

1. Rivalitas Bersejarah

Selama 115 tahun rivalitas Real Madrid dan Barcelona telah berlangsung. Awalnya terjadi pada 13 Mei 1902, ketika Barcelona menang 3-1 atas Real Madrid di Coronation Cup. Lalu Real Madrid membalas dengan mengalahkan Barcelona 2-1 di liga yang pertama kali digelar pada Februari 1929.

2. Kemenangan Terbesar

El Clasico pernah berakhir dengan skor 8-2 untuk kemenangan Real Madrid, tepatnya di pekan ke-10 liga di musim 1934-1935. Sedangkan kemenangan terbesar Barcelona di Bernabeu terjadi di musim 1973-1974, dengan skor 5-0, disusul musim 2008-2009 dengan skor 6-2.

3. Selalu tercipta gol

El Clasico yang berakhir tanpa gol terjadi 23 November 2002, di Camp Nou. Setelah itu, gol tidak pernah absen di pertemuan kedua klub. Sedangkan di Bernabeu, pertandingan tanpa gol terakhir terjadi di musim 1986-1987.

4. Status Tuan Rumah Tak Pengaruh

Siapa pun yang menjadi tuan rumah, tidak berarti mereka akan menjadi pemenang El Clasico. Di tiga pertemuan terakhir, dua di antaranya tim tamu menang. Barcelona kalah 1-3 di Camp Nou, lalu Real Madrid takluk di Santiago Bernabeu 2-3 dari Blaugrana.

5. Manuel Sanchis merupakan pemain yang memiliki penampilan terbanyak di El Clasico.

Raul Gonzalez dan Francisco Gento memang menjadi mantan pemain Real Madrid yang paling banyak melakoni El Clasico di La Liga, tapi untuk hitungan semua kompetisi jadi miliki Manuel Sanchis dengan 43 laga El Clasico.

6. Lionel Messi sudah mencetak 24 gol, menjadikannya top scorer di duel ini.

Dia mengalahkan legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano yang mengemas 18 gol. Jumlah gol yang dicetak Messi masih unggul telak dari bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pria asal Portugal itu baru mencetak 17 gol di El Clasico.

Prakiraan susunan pemain:​

Rivalitas sengit antara Real Madrid dengan Barcelona akan tersaji di Stadion Santiago Bernabeu malam ini WIB. Kedua tim bisa menurunkan para pemain terbaiknya untuk laga bertajuk El Clasico ini.

Tuan rumah kemungkinan menduetkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini serang. Gareth Bale akan duduk di bangku cadangan, sedangkan Isco bermain di belakang dua penyerang.
 
Dengan formasi 4-3-1-2, Zinedine Zidane memainkan tiga gelandang tengah, Casemiro akan lebih fokus membantu pertahanan. Dua gelandang lainnya, Toni Kroos dan Luka Modric bisa menjadi sosok sentral bagi Los Blancos di El Clasico kali ini.

Keylor Navas masih mendapat kepercayaan sebagai penjaga gawang Real Madrid di partai El Clasico kali ini. Pos lini belakang diisi Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Marcelo. 

Di kubu tim tamu, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengusung pola 4-4-2. Lionel Messi dan Luis Suarez jadi juru gedor klub asal Katalan tersebut.

Marc-Andre tes Stegen belum tergantikan posisinya sebagai kiper Blaugrana. Empat bek yang membantu area pertahanan Barcelona yakni Sergio Roberto, Gerard Pique, Thomas Vermaelen, dan Jordi Alba.

Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Paulinho, dan Andres Iniesta menjadi andalan lini tengah Barcelona. Pertarungan di lapangan tengah akan berlangsung seru, karena melibatkan gelandang-gelandang kelas dunia.

Real Madrid (4-3-1-2): Keylor Navas; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric; Isco; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema

Pelatih: Zinedine Zidane (Prancis)

Barcelona (4-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Sergio Roberto, Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Jordi Alba; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Paulinho; Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews