Aneh, Kenapa yang Suka Melanggar di Negeri Ini Malah Dijadikan Duta

Aneh, Kenapa yang Suka Melanggar di Negeri Ini Malah Dijadikan Duta

Dewi Perssik (Foto: Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berniat menjadikan biduan Dewi Perssik sebagai Duta Tertib Jalur Busway. Dikutip dari CNN Indonesia, ide mengangkat Dewi Persik sebagai Duta Tertib Jalur Busway, dikatakan Sandi muncul setelah dirinya mendengar perseteruan antara artis yang karib disapa Depe itu dengan salah satu petugas busway pada Jumat (24/11).

Perseteruan antara Depe dengan petugas penjaga pintu jalur busway diduga terjadi karena mobil yang ditumpanginya mencoba menerobos jalur khusus bus TransJakarta itu.

Pihak TransJakarta mengungkapkan kendaraan Jaguar bernopol B 12 DP milik Depe diadang petugas saat hendak menerobos jalur busway.

Sementara itu, Humas Transjakarta Wibowo mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima, pengemudi mobil penyanyi dangdut itu juga mengeluarkan perkataan kasar kepada petugas.

Sandi menyebut cekcok itu dipicu oleh kesalahpahaman dan bisa diselesaikan dengan memperbaiki pola komunikasi kedua pihak. Setelah masalah ini selesai, Depe bisa langsung dinobatkan sebagai duta sesuai keinginannya.

Namun di sisi lain, rencana Sandiaga Uno mengangkat artis Dewi Perssik sebagai Duta Tertib Jalur Busway mendapat penolakan dari artis yang bersangkutan. Penolakan itu disampaikan Dewi di akun Instagram @dewiperssikreal.

"Kepada bapak yang terhormat, bapak wagub @sandiuno terima kasih atas kepercayaannya bapak untuk menjadikan saya DUTA TRANSJAKARTA (BUSWAY). Tapi dengan tidak mengurangi rasa hormat dan kerendahan hati sepertinya saya belum ada kemampuan dan berani menjadi duta. Lain hal kalau duta goyang dan nyanyi boleh karena itu bidang saya," tulis Dewi Perssik.

Penolakan Depe yang ditulis kemarin, sekitar pukul 19.00 WIB, mendapat tanda suka dari 54.390 netizen dan beragam komentar. Banyak yang menganggapnya lelucon, tapi tak sedikit yang mendukung keputusan Depe.

Terkait dengan ide atau gagasan tersebut, satu hal yang mengganjal hati adalah kenapa di negeri kita, mereka yang suka melanggar malah diangkat menjadi duta?

Masih ingatkah ketika Zaskia Gotik diangkat menjadi Duta Pancasila oleh Fraksi PKB pada 2016? 

Saat itu, Zaskia salah menyebutkan lambang Pancasila dengan sebutan bebek. Dari candaan itu, ia dianggap menghina Pancasila, kemudian muncullah inisiatif untuk menunjuknya menjadi Duta Pancasila.

Selain itu, pada tahun yang sama, seorang gadis bernama Sonya Depari diangkat menjadi Duta Anti Narkoba. Depari, yang saat itu merayakan kelulusannya, berani melawan polisi dengan mengatakan bahwa dirinya adalah anak seorang jenderal. Namun, justru karena tingkah lakunya itu, muncul gagasan untuk mengangkat Sonya menjadi Duta Anti Narkoba.

Tidak hanya Zaskia dan Depari, lima orang terduga pencabutan tanaman edelweis di Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, Juli 2017 juga dijadikan Duta Pelestarian Edelweis. Gagasan itu diungkapkan sendiri oleh Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani Agus Budi Santosa.

Fenomena pengangkatan seseorang yang telah melakukan pelanggaran menjadi duta, seperti kasus-kasus di atas, tentu saja aneh. Sebab, mestinya mereka yang diangkat menjadi duta adalah orang-orang yang positif dalam arti bisa dijadikan contoh, bukan malah pelanggar yang citranya negatif.

Bagaimana menurut anda?

 

Penulis: Sendy Yustian Dani


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews