Jelang MotoGP Valencia 2017

Dovizioso Dianggap Lebih Pantas Juara Ketimbang Marquez

Dovizioso Dianggap Lebih Pantas Juara Ketimbang Marquez

Marquez vs Dovizioso. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia - Kiprah Andrea Dovizioso mengejutkan penggemar MotoGP musim ini. Tak terkecuali Oriol Puigdemont. Pengamat MotoGP itu bahkan menilai Dovi lebih layak juara ketimbang Marc Marquez.

Bukan tanpa alasan Oriol menyampaikan pendapatnya. Itu karena jumlah kemenangan Dovizioso bakal bertambah jadi 7, lebih unggul dari Marquez yang koleksi 6 kemenangan di MotoGP musim ini.

"Banyak yang kesamaan antara apa yang terjadi MotoGP 2006 dan 2017, saat Nicky Hayden secara mengejutkan curi gelar juara dari Valentino Rossi. Padahal tak ada yang memprediksinya bisa lakukan itu," kata Oriol seperti dikutip motorsport.

"Untuk mendapatkan peluang juara, Dovizioso wajib menang di Valencia. Dengan begitu dia bakal dapatkan 7 kemenangan. Ini prestasi fenomenal tersendiri buat dirinya, tak peduli apapun yang terjadi," ucapnya.

Tugas Dovizioso untuk benar-benar mewujudkan gelar juara memang lebih berat ketimbang apa yang dihadapi Hayden. Kala itu, mendiang Hayden hanya defisit 8 poin dari Rossi. Sedangkan Dovizioso terpaut 21 poin dari Marquez.

Oriol mengatakan publik sepatutnya mengesampingkan poin untuk melihat siapa pembalap yang berhasil di MotoGP 2017. Dia menilai MotoGP 2017 pantas menjadi milik Dovizioso.

"Dia bertransformasi dari pebalap pelapis Lorenzo menjadi pembalap utama di Ducati," katanya.

Menurut Oriol, Dovizioso tak punya trik-trik khusus rebut sukses. Dovizioso disebutnya punya kapasitas analisa teknis yang luar biasa.

Ini membuat dia paham kelemahan dan kekuatan Ducati. "Mau tak mau, prestasi ini juga akan berpengaruh kepada nilai kontraknya jika kembali negoisasi dengan Ducati," ucapnya.

Penentuan gelar juara akan tersaji di Sirkuit Ricardo Tormo saat MotoGP Valencia digelar. Hanya ada dua pembalap yang bersaing yaitu Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Secara teori, Marquez memang di atas angin. Dia unggul 21 poin dari Dovizioso. Namun segala hal masih bisa terjadi di MotoGP Valencia nanti.

Marquez pun bersikap tenang menghadapi duel final melawan Dovizioso. Bagi dia, tekanan di perebutan gelar juara MotoGP sangat wajar terjadi.

"Wajar jika merasakan tekanan di Valencia dengan banyaknya hal yang dipertaruhkan. Tapi sejujurnya sejak paruh kedua musim memang sudah banyak tekanan," kata Marquez seperti dikutip crash.net.

Marquez hanya membutuhkan finis di posisi ke-11 untuk mengamankan gelar juara. Ini juga jika Dovizioso keluar sebagai pemenang di MotoGP Valencia.

Skenario juara dunia di Valencia:

- Marquez akan menjadi juara dunia dengan paling tidak finis di posisi 11 besar.

- Marquez bisa jadi juara meski tidak dapat poin, dengan catatan Dovizioso gagal juara.

- Jika Marquez finis di posisi 12 dan Dovizioso jadi juara, maka Dovi akan jadi juara dunia. Poin kedua pebalap sama 286, tapi Dovi unggul jumlah kemenangan.

- Dovizioso jadi juara dunia andai dia finis teratas dan Marquez menuntaskan balapan di luar 11 besar. 

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews