Franco Morbidelli Dilirik Tim Honda di MotoGP 2018

Franco Morbidelli Dilirik Tim Honda di MotoGP 2018

Franco Morbidelli. (foto: ist/motorsport)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia – Franco Morbidelli mencuri perhatian di Moto2 musim ini. Masih berusia 22 tahun, rider Italia itu amat mendominasi Moto2 2017 dan sukses mengamankan titel juara dunia bersama Tim Marc VDS di seri Malaysia, akhir pekan lalu.

Beberapa waktu lalu, Morbidelli yang merupakan anak didik Valentino Rossi itu sudah dipastikan akan naik kelas dan tampil di MotoGP 2018, juga di bawah naungan Tim Marc VDS Honda.

Meski demikian, Livio Suppo selaku Direktur Komunikasi dan Marketing Honda Racing Corporation (HRC) dan juga Team Principal Repsol Honda, enggan mematok harapan tinggi pada Morbidelli di MotoGP 2018.

Suppo berkaca pada kegagalan juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat, dalam beradaptasi di premier class dan juga dalam menjalani proses adaptasi dengan motor Honda RC213V.

Seperti diketahui, di MotoGP 2018, Morbidelli sendiri bakal bernaung dengan Marc VDS, tim yang juga dibela Rabat dalam dua musim terakhir. Morbidelli juga bakal mengendarai motor yang sama.

“Menurut saya, para rider yang cepat di MotoGP, biasanya pernah mengendarai banyak motor berbeda dalam kariernya. Tapi di sisi lain, sudah jelas bahwa di era sekarang, tertinggal sepersekian detik saja Anda bisa berada di posisi papan bawah. Para rider papan atas juga terkadang harus berada di posisi yang tak memuaskan,” buka Suppo seperti dilansir Speedweek.

“Sulit memprediksi performa para rider baru. Kita lihat dua juara dunia Moto2; Tito contohnya, mengalami masalah besar di MotoGP. Johann Zarco justru kebalikannya, tampil sangat baik. MotoGP sangat rumit. Di awal, insting para rider di atas motor justru tak bekerja,” celoteh pria asal Italia itu.

Sementara, Bos Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, mengungkapkan jika sebenarnya tim LCR Honda menginginkan Franco Morbidelli menjadi pebalapnya untuk MotoGP musim depan.

Tim LCR Honda musim depan memutuskan untuk menurunkan dua pebalap, setelah dalam dua musim terakhir (2016 dan 2017), hanya menurunkan satu pebalap saja.

Saat ini Cal Crutchlow tercatat menjadi pebalap tunggal bagi tim LCR Honda.

Di sisi lain, Lucio Cecchinello mengatakan jika timnya sudah sangat dekat dengan juara dunia Moto2, Franco Morbidelli. "Saya telah melakukan pendekatan dengan agen Morbidelli, tapi sayangnya kami tidak membahasnya dengan Morbidelli," kata Lucio Cecchinello.

Franco Morbidelli sendiri akan naik ke kelas MotoGP untuk menjadi pebalap tim Marc VDS bersama dengan Thomas Luthi.

Sedangkan tim LCR Honda memilih pebalap Moto2 asal Jepang, Takaaki Nakagami, untuk menjadi tandem Cal Crutchlow musim depan.

Masalah finansial diduga menjadi sebab Franco Morbidelli gagal bergabung dengan tim LCR Honda.

"Sungguh menyenangkan jika memiliki Morbidelli di tim ini, tapi saya memiliki masalah dengan finansial," ujar Cecchinello.

"Mungkin para sponsor akan memberikan saya lebih banyak uang, tapi mereka juga telah membayar uang yang sangat besar. Jadi saya tidak bisa meminta lagi."

Morbidelli menjadi pebalap Italia pertama yang menjadi juara dunia setelah Valentino Rossi menjadi juara dunia pada tahun 2009 (MotoGP).

(ind)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews