Ini Awal Mula Lahirnya Nama Tanjungpinang

Ini Awal Mula Lahirnya Nama Tanjungpinang

Sebuah pohon pinang tumbuh di kota Tanjungpinang. (Foto: Travel Detik)

Tanjung Pinang - Setiap daerah lazimnya mempunyai cerita unik di balik penyebutan nama daerahnya, begitu juga dengan Tanjung Pinang. Tak semua tahu tentang asal usul di balik nama Ibukota Provinsi Kepulauan Riau itu.

"Dulu sekali di sini ada satu tanjung yang menjorok ke arah laut. Di sana ada pohon pinang, tapi jumlahnya hanya ada satu," kata Budianto (52), pria asli Tanjung Pinang yang menemani perjalanan detikTravel bersama rombongan Pelni dan wartawan dari Jakarta, akhir bulan lalu.

Uniknya, keberadaan pohon pinang itu menjadi istimewa lantaran dia hanya satu-satunya yang tumbuh di sana. Budi sempat membawa kami menyusuri kawasan kota tua dan pusat kuliner di Kota Tanjung Pinang.

Tak jauh dari pelabuhan, ada pusat kuliner yang sering jadi tempat nongkrong anak muda, namanya Anjung Cahaya dan Melayu Square. Konon, letak tanjung yang ditumbuhi pohon pinang itu ada di seberang Melayu Square tersebut. Namun di sana sudah tak terlihat jejak tanjung maupun pohon pinang.

"Saat saya masih anak-anak dulu, tanjung itu masih ada, tapi pohonnya memang sudah hilang. Sekarang tanjungnya tidak terlihat lagi karena pantainya akan direklamasi, dibuat jadi bagus seperti Pantai Losari," tuturnya sambil menyetir mobil yang membawa rombongan kami.

Di lokasi reklamasi yang masih dalam proses kontruksi kini pantainya ditimbun sedang dipagari pakai seng. Sementara simbol Kota Tanjung Pinang, yakni gong gong alias kerang laut setinggi dua meter, tampak berdiri kokoh di area bekas tanjung tersebut.

 

sumber: detik.com

[snw]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews