Setelah Vinales, Giliran Rossi Lempar Handuk

Setelah Vinales, Giliran Rossi Lempar Handuk

Silvano Galbusera kepala mekanik Valentino Rossi membenarkan kuda besi YZR-M1 belum maksimal pada gelaran MotoGP 2017. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Motegi - Valentino Rossi dan Maverick Vinales sudah mengonfirmasi mereka akan mengalihkan perhatian pada gelaran MotoGP tahun depan. Pernyataan itu disampaikannya setelah peluang juara dunia MotoGP musim ini dinilai duo tim Yamaha sudah tertutup lantaran mengalami hasil minor di Grand Prix Jepang, akhir pekan kemarin.

Sekarang yang diperlukan Rossi maupun Vinales adalah memberikan banyak informasi kepada para mekanik untuk membenahi masalah agar bisa lebih baik lagi di tahun depan. Yang menjadi perhatian adalah penggunaan ban belakang Michelin.

"Tugas kami adalah memberi para insinyur masukan dan indikasi sebanyak mungkin seperti yang selalu kami lakukan. Isu utama sekarang adalah kombinasi motor kami dengan ban belakang Michelin. Kami memiliki banyak masalah dalam segala kondisi, tapi terutama pada kondisi trek basah," tutur Rossi seperti dikutip dari Bikesport, Selasa (17/10/2017). 

Rossi menekankan penyediaan ban yang dipasok oleh Michelin seperti menguntungkan tim Ducati dan Honda. Hal itu disadari The Doctor lantaran ban yang digunakan tahun ini terasa berbeda ketimbang tahun sebelumnya.

"Kami perlu memahami bagaimana memecahkan masalah dan mencoba solusi yang berbeda. Selama akhir pekan ini selalu dingin, tapi kami semua memiliki kondisi berbeda dengan air. Kami terus berjuang, dan kami perlu mengerti. Mengenai ban, saya pernah menanyakan masalah ini kepada Michelin, namun mereka mengaku tidak ada masalah. Faktanya adalah bahwa ban ini bekerja untuk Honda dan Ducati. Jadi itu masalah kami, karena pesaing kami mengalami peningkatan yang pesat. Inilah alasan mengapa kami tidak bisa menang dengan motor 2016," jelas Rossi.

Penjelasan Kepala Mekanik 

Silvano Galbusera selaku kepala mekanik Valentino Rossi membenarkan kuda besi YZR-M1 belum bisa memberikan hasil yang maksimal pada gelaran MotoGP 2017. Salah satunya motor selalu mengalami masalah saat balapan berlangsung dalam kondisi trek basah. 

Dijelaskan Galbusera, penggunaan sasis baru ternyata belum berhasil memecahkan masalah di trek basah. Pada sesi latihan bebas dan kualifikasi di Sirkuit Twin Ring Motegi misalnya. Tim memberikan informasi kepada pembalap bahwa ban ekstra lembut dapat memainkan peran penting saat kondisi basah.

Namun, Michelin selaku pemasok ban di MotoGP menyarankan agar Rossi maupun Maverick Vinales menggunakan ban medium jika lintasannya mulai mengering. Tapi fakta yang dibeberkan perusahaan asal Prancis ternyata masih jauh dari harapan, karena sulit untuk membawa suhu ke sisi kiri ban medium.

"Tahun ini kami telah banyak berjuang dan motor baru belum memberikan hasil yang kami harapkan. Di beberapa trek M1 bekerja lebih baik, tapi kami banyak menderita dalam kondisi lintasan basah. Baik dalam hal konsumsi ban maupun suhu pada ban itu sendiri," jelas Galbusera seperti dikutip dari Bikesport, Selasa (17/10/2017).

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews