Presiden Jokowi Nobar Film G30S/PKI di Makorem Bogor

Presiden Jokowi Nobar Film G30S/PKI di Makorem Bogor

Presiden Jokowi nonton bareng film G30 S PKI di Makorem, Bogor, 29 September 2017. (Foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut nonton bareng pemutaran film G30S/PKI, bersama ribuan warga, anggota TNI dan Polri di Makorem 061/Suryakancana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/9/2017) malam.

Korem 061/Suryakancana sejak 18 September secara serentak di seluruh Kodim dan Koramil yang ada di wilayah teritorialnya, sudah menggelar nobar film penculikan dan pembunuhan tujuh jenderal TNI AD itu versi pendek.

"Malam ini dijadwalkan nobar film pengkhianatan PKI dengan versi full empat jam," kata Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Mirza Agus, seperti dilansir Antara.

Mirza menjelaskan sebelum nobar bersama Presiden yang dimulai pukul 20.00 WIB ini, Korem 061/Suryakancana telah memutar penayangan film di Makorem dengan versi satu jam. 

Karena yang ditayangkan film versi empat jam, Korem 061/Suryakancana secara khusus mendatangkan pedagang kaki lima berjualan di lapangan tenis Makorem, seperti gorengan, batagor, nasi goreng, bakso, dan mie ayam.

Mirza mengatakan dengan nobar film G30S/PKI diharapkan kebersamaan antara TNI, Polri, dan masyarakat, dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Presiden Jokowi tiba tepat waktu pada pukul 20.00 WIB, disambut antusiasme warga yang sudah hadir lebih awal.

Film sejarah yang pernah ditayangkan pada Orde Baru ini telah banyak berubah. Film yang aslinya berdurasi tiga jam lebih, diedit menjadi hampir satu jam atau sekitar 50 menit 37 detik.

"Tindakan kekerasan yang dulu ada di film aslinya (durasi 3 jam) sudah diedit, jadi murni sejarah tentang bagaimana proses kudeta yang dilakukan PKI di bawah Letkol Untung terhadap Pemerintah Indonesia," papar Mirza.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews