Pegawai ATB Antusias Pelatihan Menulis Feature: Kami Dapat Pengalaman Baru

Pegawai ATB Antusias Pelatihan Menulis Feature: Kami Dapat Pengalaman Baru

Sejumlah peserta pelatihan menulis feature ATB Batam (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam menggelar “Workshop Menulis Feature” bagi para pegawai PT Adhya Tirta Batam. Hasilnya benar-benar di luar dugaan.

Dari 11 orang peserta, hampir keseluruhan dapat menulis dalam rentang waktu dua hari. “Kami merasakan sesuatu yang belum pernah kami temui selama ini,” ujar M Ikhwan, staf Customer Care ATB, Selasa (19/9/2017). 

Menurut Ikhwan, apa yang diajarkan baik cara menulis, maupun turun ke lapangan langsung praktik mengumpulkan data, mengolah, dan menuliskannya, ternyata mengenalkannya kepada sesuatu hal yang berbeda dari biasanya.

“Dahulu tahunya menangani komplain pelanggan, sekarang tahu seluk beluk produksi, selain itu bisa menuliskan, saya pikir ini pengalaman sangat bermanfaat,” ujar Ikhwan.

Begitu juga dengan beberapa peserta lainnya. Misalnya Yusuf Riadi, yang sehari-hari bergelut dengan menuliskan informasi tentang ATB, termasuk membuat rilis untuk dipublikasi media.

“Selama ini saya terbiasa dengan berita langsung, straight news, tapi setelah belajar menulis feature, rasanya berbeda,” ujar Yusuf.

Menurutnya, dengan teori dan praktik langsung ke lapangan, memberikannya pengalaman, bagaimana menulis feature, yang terasa lebih soft, memikat, dan lebih dalam. Selain itu bisa menuangkan ide-ide kreatif lainnya.

Peserta lainnya merasakan hal yang sama. Corporate Communication PT ATB Enriqo Moreno mengatakan, sengaja memberikan pelatihan kepada pegawai ATB untuk mengajarkan bagaimana menulis yang mampu melibatkan intuisi, insting, serta kreatifitas.

“Jadi tidak saja straight news tapi juga harus bisa menulis feature,” ujar dia. Enriqo pun mengaku puas dengan capaian para peserta. Bahkan ia pun sempat menguji sejauh mana capaian setelah dua hari mengikuti pelatihan tersebut.

Salah satu peserta yang memiliki kemajuan dalam menulis adalah Kezia Oktiadiarti, staf Departemen Capital. Tulisnya bersama rekan-rekan mendapat nilai terbaik. “Tulisannya udah ngalahin wartawan, ini yang saya mau,” ujar Enriqo mengomentari hasil tulisannya.

Pelatihan ini diikuti sejumlah staf dan pegawai ATB dari berbagai departemen diantaranya Corporate Communication, Human Capital, serta Customer Care. Acara ini berlangsung selama dua hari 18-19 September 2017. Peserta tidak saja mendapatkan teori bagaimana menulis tapi juga langsung terjun ke lapangan layaknya seorang penulis atau jurnalis.

Acara ini diisi pemateri dari Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Batam Muhammad Zuhri dan wartawan senior Rumbadi Dalle.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews