Mahasiswa Tak Kunjung Wisuda, Ini Kata Dosen Stisip Lingga

Mahasiswa Tak Kunjung Wisuda, Ini Kata Dosen Stisip Lingga

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Bunda Tanah Melayu (BTM) Daik Lingga belum satu pun yang wisuda. Meskipun telah menghabiskan 9 semester. 

Rencana wisuda pada tahun 2017 ini pun seolah sirna. Seorang Dosen di STISIP BTM Lingga Herman Bastian mengungkapkan, dari 95 mahasiswa semester 9 di perguruan tinggi itu yang terbagi atas dua prodi yakni Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Negara, ada sekitar 30 mahasiswa yang telah seminar proposal.

Namun, kata Herman, menanggapi keterlambatan mereka wisuda, mahasiswa STISIP sebelum wisuda memang melewati dua tahap.

"Yang pertama itu, mereka (mahasiswa) harus mengikuti seminar dan sidang skripsi, baru lah mereka bisa mendaftarkan diri untuk wisuda," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (08/09/2017).

Ia melanjutkan, sebenarnya bukan tidak ada jadwal atau kejelasan tentang kapan wisuda nya mahasiswa semester 9 tersebut. Akan tetapi, hal itu terjadi karena ketidakmampuan mahasiswa dalam memanfaatkan dan mengejar target yang diberikan kampus.

"Ditambah lagi mungkin persoalan keuangan. Jadwal yang telah di buat oleh kampus sebenarnya akhir tahun 2017 ini mahasiswa sudah dapat wisuda, namun seperti masalah tadi sehingga kami masih mencari solusi terbaiknya," ujarnya.

Terkait hal tersebut, ia berharap kerja sama dari mahasiswa agar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dapat mengejar ketertinggalannya.

"Intinya mereka akan wisuda jika mahasiswa tersebut mencapai target yang diberikan kampus, meskipun hanya 10 orang," kata dia.

Sementara itu, Dosen lainnya Isnin ketika dikonfirmasi melalui akun whattaps nya mengatakan, seharusnya mahasiswa dan masyarakat Lingga bangga karena telah memiliki perguruan tinggi di daerah sendiri.

"Siapa anak kampus yang ngomong harus jelas. Tanya sama anak itu apa sudah siap untuk nyusun skripsinya? Jangan asal ngomong," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Gelige Lingge yang menaungi STISIP BTM Lingga itu, Subhan mengaku akan menjadwal ulang terkait permasalahan tersebut. 

(ruz)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews