BI Kepri Luncurkan Aplikasi BI Santun, Bisa Tukar Uang

BI Kepri Luncurkan Aplikasi BI Santun, Bisa Tukar Uang

Suasana penukaran uang secara konvensional beberapa waktu lalu di Batam menjelang Lebaran (Foto: Istimewa/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bank Indonesia (BI) perwakilan Kepulauan Riau meluncurkan aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi tersebut bernama BI Santun.

BI Santun merupakan kepanjangan dari Bank Indonesia Sistem Aplikasi Tukar Uang. Aplikasi tersebut akan membantu masyarakat untuk melakukan pemesanan untuk penukaran uang. 

"Aplikasi ini tujuannya untuk membantu masyarakat, mempercepat penukaran uang melalui suatu aplikasi," ujar Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Kantor BI perwakilan Kepri, usai peluncuran BI Santun di gedung BI, Rabu (6/9/2017). 

Gusti menjelaskan dengan melalui aplikasi BI Santun masyarakat bisa mengklik berapa rincian uang yang akan ditukarkan, kemudian ada 5 menu yang akan dipilih seperti menukarkan uang lusuh menjadi uang baru, uang logam menjadi uang kertas atau sebaliknya atau membutuhkan uang pecah. 

"Bisa dipilih dalam aplikasinya, tinggal cantumkan berapa nominal yang akan ditukarkan," jelas Gusti. 

Kemudian setelah itu masyarakat akan membuat jadwal penukaran uang, Gusti mengatakan saat ini sudah ada 35 Bank yang telah bergabung dalam aplikasi tersebut. 

"Selama ini masyrakat harus ke bank dulu untuk menukar uang, itupun masih menunggu admninstrasi, kalau melaui aplikasi setelah melakukan order tinggal atur jadwal saja," kata Gusti. 

Selain melayani penukaran uang, aplikasi BI Santun juga dapat memberikan informasi seputaran kegiatan Bank Indonesia dan mengedukasi masyarakat mengenaai uang. 

Namun Gusti mengaku, aplikasi ini masih bisa diterapkan di Batam dan hanya dapat diunduh di Play store (Android), untuk pengembangan daerah lain masih menunggu respon dari masyarakat Batam. 

"Sementara ini masih Batam, kalau responnya bagus, nanti bisa kita kembangkan ke Tanjung pinang, Bintan, Lingga, Natuna dan lain-lainya," katanya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews