MUI dan SimanTap Lingga Bentuk Forum Peduli Rohingya

 MUI dan SimanTap Lingga Bentuk Forum Peduli Rohingya

Pembentukan Forum Peduli Rohingnya di Mushalla Pesantren Hidayatullah. (foto: ruz/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Beberapa ustaz muda yang tergabung dalam komunitas Simanan dan Tahfizh Pekanan (SimanTap) Lingga bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga, Senin (04/09/2017) malam, sepakat membentuk Forum Peduli Rohingnya Lingga.

Ketua MUI Kabupaten Lingga Badiul Hasani mengatakan, adapun beberapa kesepakatan dalam musyawarah pembentukan forum tersebut yakni mengimbau kepada pihak sekolah terutama dalam wilayah Daik untuk melakukan penggalangan dana, baik melalui OSIS atau Rohis. Pembentukan forum itu bertempat di Mushalla Pesantren Hidayatullah.

"Menjalankan daftar list sumbangan kepada para pegawai dinas, badan atau kantor. Kemudian, pada Kamis pagi akan digelar aksi doa bersama untuk Rohingnya yang direncanakan dipusatkan di depan masjid Darul Hikmah, Sawah Indah dan dilanjutkan dengan long march sambil menjalankan kotak donasi kepada masyarakat umum yang ingin ikut berkontribusi," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (05/09/2017).

Dikatakannya, selain itu ia juga mengimbau kepada pengurus masjid untuk menjalankan kotak infak khusus Rohingya pada hari Jumat dan diminta kepada para khatib setiap masjid untuk membahas tema tentang penting peduli dengan nasib muslim Rohingya.

"Kita juga membuat surat edaran melaui MUI Lingga kepada para pengurus masjid untuk memberitahukan imam Jumat agar melakukan qunut nazilah dan shalat ghaib setelah shalat Jumat," ujarnya.

Sekretaris Forum Peduli Rohingnya Lingga Muhammad Awwalin mengaku akan bekerja cepat terkait administrasi forum dan membuat surat izin aksi ke Polsek Daik Lingga.

"Insya Allah secepatnya kita akan bekerja terkait masalah administrasi nya. Forum Peduli Rohingya Lingga tidak bekerja sendiri, akan tetapi ada beberapa elemen organisasi yang tergabung di dalamnya," kata dia.

Sebagaimana diketahui, adapun beberapa elemen organisasi yang tergabung didalam forum tersebut diantaranya MUI Kabupaten Lingga, Rohis SMAN 1 Lingga, OSIS MTs Aqidatunnajin Daik, OSIS SMKN 1 Lingga, Ponpes Hidayatullah, KNPI Lingga serta beberapa organisasi lainnya. 

(Ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews