Versi Terlengkap, Sukhoi Indonesia Lebih Canggih dari Malaysia

Versi Terlengkap, Sukhoi Indonesia Lebih Canggih dari Malaysia

Atraksi senjata Sukhoi Su-35. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) memutuskan membeli 11 unit pesawat tempur canggih dari Rusia, Sukhoi SU-35.  

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memastikan, Sukhoi yang dibeli pemerintah Indonesia tercanggih dan terbaru di kelasnya.

"Yang pasti terbaru dan paling canggih. Paling tinggi teknologinya," kata Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017). 

Ryamizard menjelaskan, Sukhoi yang dibeli Indonesia adalah versi lengkap. Pemerintah harus merogoh kocek USD1,14 miliar dolar untuk mendatangkan 11 unit pesawat tempur pabrikan Rusia ini.

"Kita beli yang bisa nembak dan ngebom, 90 juta dolar AS. Mereka kasih USD 150 juta, saya tawar sampai dapat USD90 juta," kata Ryamizard. 

Dia memastikan Sukhoi yang dibeli Indonesia lebih unggul jika dibandingkan dengan Sukhoi milik Malaysia dan Vietnam.

"Kita pengguna kedua setelah Rusia. Yang lain masih SU-30, kita 35," kata Ryamizard. 

Diperkirakan, pesawat tempur Sukhoi SU-35 akan mengudara di langit Indonesia pada tahun 2019 mendatang.  

"Kurang lebih dua tahun setelah tanda tangan kontrak (dengan pihak Rusia)," ujar Ryamizard.

Ryamizard mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu dengan Pemerintah Rusia untuk meneken nota kesepahaman atau kontrak pembelian Sukhoi SU-35. Usai kontrak diteken kedua belah pihak, 11 unit Sukhoi dibangun di Rusia.

"Kita beli 11 unit. Minggu ini atau bulan depan saya ke sana. Datang ke Indonesia dua tahun lagi. Kan buat baru, bukan bekas," kata Ryamizard. 

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews