Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games Malaysia, Ini Kata Ketua Panitia

Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games Malaysia, Ini Kata Ketua Panitia

Bendera Indonesia yang terbalik di buku panduan Sea Games ke- 29 Malaysia. (foto: ist/twitter)

BATAMNEWS.CO.ID, Kuala Lumpur - Insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik di buku panduan Sea Games ke-29 Kuala Lumpur, mengejutkan banyak pihak. Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan hal itu merupakan keteledoran fatal yang menyakitkan.

Panitia ajang Sea Games Malaysia pun langsung secara resmi meminta maaf kepada Indonesia. 

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja dalam menerbitkan bendera yang salah untuk Indonesia," bunyi pernyataan pihak panitia Sea Games Malaysia Minggu (20/8/2017) dilansir sindonews.

Rencananya Ketua Panitia Pelaksana SEA Games Malaysia dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Brigjen Khairy Jamaluddin, akan mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pemudan dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi besok untuk meminta maaf lagi atas nama Komite.

"Kami sangat menyesalkan kesalahan dan mempercayai ikatan kuat antara kedua negara akan semakin menguat dalam semangat SEA Games," demikian pernyataan tersebut.

Sementara melalui akun resminya, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Brigjen Khairy Jamaluddin juga mengungkapkan permintaan maafnya kepada Imam Nahrawi.

"Bapak Imam, mohon terima permintaan maaf saya yang tulus untuk ini. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya sangat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," kata Jamaludin.

Seperti diwartakan sebelumnya upacara pembukaan SEA Games ke-29 di Malaysia tercoreng dengan gambar bendera Indonesia terbalik. Pada buku yang diterima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, warna merah pada bendera Indonesia justru berada di bagian bawah.

Hal tersebut terkuak setelah Menpora, pada akun Twitter miliknya memposting foto sebuah buku yang diduga diterbitkan penyelenggara SEA Games.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews