Kenapa Mudah Mengantuk Usai Makan Siang?

Kenapa Mudah Mengantuk Usai Makan Siang?

Ilustrasi mengantuk (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Rasa kantuk menyerang usai makan siang? apakah Anda tergolong orang yang merasakan hal tersebut? Jika ya, maka itu tanda tubuh Anda tak bugar.

Menurut Dr. dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, sehat dan bugar memiliki definisi berbeda.

"Orang bugar itu tidak lemas atau ngantuk setelah makan siang. Dia bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan tetap fresh dan on," ujar dia pada talkshow yang dihelat Herbilogy di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Hidup sehat dan bugar, kata Samuel, merupakan investasi bagi masa depan. Tak sedikit orang lanjut usia yang menjalani masa pensiun dengan berbaring di rumah sakit, karena gaya hidup yang tak dijaga ketika muda.

"Untuk tubuh sehat bugar kuncinya 5S, yaitu makan sehat. Makan sehat bukan asal sehat saja, harus sesuai jumlahnya, jenisnya, jadwalnya dan jurus masak. Jadi, bukan hanya makan sayur dan buah saja tapi harus seimbang, jumlahnya harus pas, dan cara memasaknya diperhatikan. Yang tak kalah penting harus teratur," katanya.

Samuel juga menambahkan bahwa hidup sehat dan bugar juga bisa diperoleh jika seseorang menjalani pola berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat dan olahraga secara teratur.

"Harus dijaga pola hidup dari makan, olahraga, stres dan kurang istirahat. Kalau makanan nggak benar, mudah stres, istirahat kurang, Anda malas ditambah merokok, ya sudah masa tua bisa dihabiskan di rumah sakit. Uang yanga dikumpulkan sejak muda tidak bisa dinikmati," ujarnya.


Baca artikel menarik lainnya di Suara.com

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews