Akreditasi Universitas Batam B, Kedokterannya Pun B

Akreditasi Universitas Batam B, Kedokterannya Pun B

UNIVERSITAS BATAM (Uniba) yang berdiri di lahan seluas 10 hektare terletak di Batam Center, Kota Batam,  kini berkembang dengan pesat. Kampus ini, hanya berjarak 30 menit naik ferry dari Singapura.

Pengelola kampus terus menerus meningkatkan fasilitas fisik guna menunjang kualitas akademik universitas menuju perguruan tinggi yang berkarakter dan berkualitas, baik nasional ataupun internasional. 

Secara fisik saat ini sedang dibangun Rumah Sakit Pendidikan yang direncanakan 12 lantai untuk menunjang kualitas akademik dan Profesional Fakultas Kedokteran, Perpustakaan, Laboratorium Kesehatan Terpadu yang modern, Gedung Pascasarjana, Guest house/rumah dosen dan Asrama Mahasiswa.  

Perkembangan terbaru Universitas Batam pada tahun 2017 ini adalah dengan diperolehnya Nilai : B untuk Akreditasi Institusi ( AIPT, Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi ) Universitas Batam dari BAN-PT ( Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ) berdasakan SK BAN-PT Nomor : 0386/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017 tertanggal 26 Januari 2017. 

Kemudian pada 23 Juni 2017 telah diperoleh Nilai Akreditasi prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter Pada Fakultas Kedokteran Uniba masing-masingnya dengan nilai: B berdasarkan penilaian LAMPT-Kes dengan Surat Keputusan (SK) Nomor : 0344/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2017 dan SK Nomor : 0345/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2017 tertanggal 23 Juni 2017.

Kemajuan yang sangat signifikan juga dalam perkembangan Uniba adalah dengan diperolehnya izin pembukaan 3 prodi baru di Uniba pada tahun ajaran 2017/2018 ini dari Kemenristek dan Dikti yaitu : Prodi S1 Psikologi ( SK Kemenristek dan Dikti Nomor : 469/KPT/I/2016 tanggal 8 November 2016), prodi S1 Farmasi dan Prodi profesi NERS (SK Kemenristek dan Dikti Nomor : 315/KPT/I/2017 tanggal 12 Juni 2017 ). Disamping Fakultas Kedokteran yang hanya satu-satunya di Propinsi Kepri, Prodi S1 Psikologi juga satu-satunya di Propinsi Kepulauan Riau saat ini.

Fakultas Kedokteran yang Membanggakan

Rektor Universitas Batam, Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun, M.Sc, menyatakan sangat bangga dengan peningkatan mutu akademik dan pengembangan kampus yang terus berlanjut ssampai saat ini. "Selama tiga tahun terakhir banyak perkembangan yang membanggakan dari Universitas Batam, kata Rektor Universitas Batam, di ruang kerjanya, kampus Uniba, Batam Center, Batam, Senin (10/7/2017) siang.

Di Propinsi Kepulauan Riau Uniba satu-satunya Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas Ilmu Kedokteran adalah Uniba. Selama ini, kata dia, masyarakat di Kepri yang ingin menjadi dokter harus sekolah keluar daerah, seperti ke Jakarta, Padang, Pekanbaru, Bandung dan Yogyakarta. Sekarang di Kepri sudah ada, tak usah jauh-jauh, akreditasinya juga sudah B, " katanya. 

"Kita sangat senang dengan diperolehnya nilai Akreditasi B oleh Fakultas Kedokteran Uniba, yang pencapaian dalam kualitas Akademik melalui penilaian LAMPT-Kes. Dengan dicapainya Akreditasi B saat ini maka kerisauan Mahasiswa Kedokteran dan orang tuanya selama ini kini terjawab sudah." 

Sejak dibuka pada tahun 2008 lalu, Fakultas Kedokteran Uniba memiliki sebanyak 776 orang mahasiswa. Dengan diperolehnya Akreditasi B, Novirman menambahkan, para dokter lulusan Uniba sudah bisa melanjutkan pendidikan ke Program Spesialis dan juga sudah bisa melamar untuk menjadi ASN ( Aparatur Sipil Negara ).Sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Batam sudah meluluskan Dokter sebanyak : 71 orang.

Kebanggan Novirman juga menyentuh ke soal kepedulian sosial yang diterapkan oleh yayasan. “Ketua Yayasan Griya Husada Batam, Bapak Dr.H.Rusli Bintang, mewajibkan para Pimpinan/Dosen untuk selalu memperhatikan/menyantuni anak yatim, dan kami melaksanakannya,” kata Novirman yang kini menyantuni 40 orang anak yatim di daerah tempat tinggalnya di Padang. 

Sedangkan Rusli Bintang, saat ini menyantuni hampir 8 ribu anak yatim yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga ke Sulawesi. Namun, Rusli tak mau menyebut angka nominal yang dikeluarkan setiap bulan untuk anak-anak yatim itu. Selain menyantuni ribuan anak yatim, Rusli Bintang juga memberikan bea siswa kepada anak-anak yatim yang cerdas dan punya kemauan untuk sekolah.

Fakultas, Program Studi dan Nilai Akreditasi Prodi di Universitas Batam
 
1. Fakultas Kedokteran:
- Sarjana Kedokteran --> Akreditasi B
- Profesi Dokter --> Akreditasi B
-  S1 Keperawatan  --> Akreditasi  C    (Proses reakreditasi 2017)       
- D3 Kebidanan --> Akreditasi B           
- D4 Kebidanan --> Akreditasi B           
- S1 Psikologi   --> Baru berdiri 2017       
- S1 Farmasi  ---> Baru berdiri 2017       
- Profesi NERS ---> Baru berdiri 2017       

2. Fakultas Ekonomi    
- S1 Managemen --> Akreditasi B           
- S2 Managemen --> Akreditasi B           
- S1 Akuntansi--> Akreditasi B           
- S2 Akuntansi--> Akreditasi B           

3. Fakultas Hukum    
- S1 Hukum--> Akreditasi B           
- S2 Ilmu Hukum --> Akreditasi B           
- S2 Kenotariatan --> Akreditasi B           

4. Teknik    
- S1 Teknik Sipil --> Akreditasi C  (Proses reakreditasi 2017)
- S1 Teknik Mesin --> Akreditasi C (Proses reakreditasi 2017)       
- S1 Teknik Elektro --> Akreditasi C (Proses reakreditasi 2017)      
- S1 Sistim Informasi --> Akreditasi C (Proses reakreditasi 2017)   

Infomasi pendaftaran :  
Waktu pendaftaran : Juli s.d 31 Agustus 2017.
Khusus untuk Fakultas Kedokteran jumlah yang diterima terbatas.
Contact Person :   Endro Lukito: 08127926051, Willy Faorossi    : 0821 8577 7480

Fasilitas di Universitas Batam:
1.    Gedung A (4 lantai) dan Gedung B (8 lantai), Full AC
2.    Gedung serba guna berdaya tampung 3.000 orang, Full AC
3.    Rektorat
4.    Administrasi
5.    Gedung Pasca Sarjana Full AC
6.    Perpustakaan
7.    Ruang rapat/Pertemuan
8.    Ruang Dosen
9.    Laboratorium :
-    Lab. Kesehatan Terpadu (Kedokteran, Kebidanan,Keperawatan, Farmasi, Psikologi dan NERS)
-    Merupakan Laboratorium percontohan se-Kopertis Wilayah X
-    Lab. Komputer berbasis internet
-    Lab. Mesin Dasar
-    Lab. Hukum
-    Studio
-    Lab. Elektro
-    Lab. Fisika Dasar
10.    Guest House
11.    Asrama Mahasiswa Fakultas Kedokteran
12.    Rumah Sakit Pendidikan ( Sedang dibangun )
13.    Laboratorium Kesehatan Terpadu Modern ( sedang dibangun )
14.    Perpustakaan Modern ( Sedang dibangun )
15.    Gedung baru Pascasarjana (sedang dibangun)
16.    Gedung untuk berbagai Fasilitas kebutuhan mahasiswa (sedang dibangun)
17.    Sarana Olahraga :
-    Basket
-    Volley
-    Takraw
-    Bulu Tangkis
- Futsal
18. Uniba Language Center


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews