PM Irak Umumkan Kemenangan Atas ISIS

PM Irak Umumkan Kemenangan Atas ISIS

Tentara Irak merayakan kemenangan setelah berhasil merebut Mosul. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Mosul - Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi tiba di Mosul untuk mengumumkan kemenangan atas ISIS di kota itu setelah bertempur selama delapan bulan. Mosul merupakan benteng terakhir ISIS di Irak.

Mengenakan seragam militer, pemimpin Irak itu terlihat turun dari sebuah pesawat militer dan bertemu dengan komandan pasukan keamanan senior. Abadi lantas mengucapkan selamat kepada para pejuang dan warga yang mendapatkan kemenangan besar di Mosul.

Menurut televisi Irak, otoritas keamanan masih mengejar sejumlah militan ISIS di beberapa wilayah kota seperti dikutip dari Independent, Minggu (9/7/2017).

Irak memulai pertempuran merebut Mosul pada Oktober lalu dengan dukungan dari koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). ISIS merebut kota itu pada musim panas 2014. Pada 2017 salah satu Mosul menjadi salah satu benteng terakhir mereka. Kelompok ekstrimis itu hanya menguasai kurang dari 1 km per segi di kota tua Mosul.

Pertempuran Mosul telah meninggalkan sebagian besar kota terbesar kedua Irak itu dalam reruntuhan. Peperangan juga telah membunuh ribuan orang, termasuk pasukan keamanan Irak dan warga sipil, dan hampir satu juta orang mengungsi. Sedikitnya tujuh jurnalis juga terbunuh.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews