Debat Seru Mencari Foto Terbaik Baktimu Polisi di Mapolresta Barelang

Debat Seru Mencari Foto Terbaik Baktimu Polisi di Mapolresta Barelang

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Proses penjurian lomba foto "Baktimu Polisi" yang digelar Polresta Barelang bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) berlangsung di Mapolresta Barelang, Rabu (28/6/2017).

Ratusan foto diseleksi untuk mendapatkan tiga foto terbaik yang akan dipamerkan saat pameran 4-8 Juli mendatang.

Menurut Kapolresta Barelang AKBP Hengki, penjurian lomba foto ini diserahkan kepada juri sepenuhnya, tetapi semua foto yang dikurasi diharapkan sesuai dengan tema lomba foto. 

"Saya serahkan sepenuhnya penjurian foto kepada juri, dan harus sesuai dengan tema lomba foto," katanya. 

Menurut Ketua PFI Kepri Tommy Purniawan, lomba foto Baktimu Polisi diikuti oleh 44 peserta dari berbagai daerah di Kepri seperi Batam, Karimun, Tanjungpinang, Natuna, Bintan dan Lingga. Bahkan ada peserta yang mengirim foto dari luar Kepri. 

"Foto yang masuk ada 250 foto, tetapi yang lolos seleksi sesuai ketentuan ada 185 foto," ujarnya. 

Dari 185 foto, diseleksi menjadi 47 foto yang masuk sesuai kategori, lalu diperas lagi menjadi 16 foto dan dilanjutkan hingga tiga foto juara.

Selama penjurian berlangsung perdebatan dan membingungkan juri tunggal Oscar Motuloh, yang merupakan Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA). Pasalnya, foto yang masuk 16 foto pilihan, kualitas foto dan momennya bagus-bagus. 

"Tetapi kita sudah mengantongi nama-nama pemenangnya, dan bocoran juara lomba foto tahun ini fotografer dari Tanjung Pinang," ujarnya. 

Siapa nama-nama pemenang lomba foto ini, Tommy mengaku, nantinya akan diumumkan pada saat pameran nanti dan pemenang akan dihubungi oleh panitia untuk hadir pada malam puncak tanggal 8 Juli mendatang. 

Selama pameran yang akan dilaksanakan di Mega Mall, akan memamerkan 71 foto terbaik. "Selain pameran foto dan pameran kepolisian, pada malam puncak juga akan dimeriahkan dua artis ibukota yaitu Anji dan Windy Idol," ujarnya. 

Sementara Juri foto yang juga pembina PFI pusat, Oscar Motuloh mengapresiasi hasil karya yang dikirim para peserta. Foto-foto yang dikirimkan menarik dan layak diperlombakan. Bahkan untuk mendapatkan foto juara dirinya harus lebih telaten, karena hampir semua foto terbaik. 

"Secara keseluruhan foto-foto yang dikirim sangat menarik. Banyak foto yang nilainya di atas rata-rata. Apalagi untuk scop lomba yang sempit untuk wilayah Kepri," terang Oscar usai penjurian.

Menurut Oscar, tugas seorang fotografer adalah mengabadikan kejadian lewat fotonya. Dalam lomba ini, Oscar menilai para peserta sudah bekerja sesuai tupoksinya sebagai fotografer. 

"Para peserta menyajikan foto-foto menarik. Kita dapat melihat langsung jika fotografi dimanfaatkan dengan baik oleh fotografer," jelas Oscar.

Dilain sisi, Oscar juga mengapresiasi Polri yang memanfaatkan fotografi sebagai alat penyampai pesan kepada masyarakat. Apalagi selama ini banyak masyarakat yang tidak tahu persis seperti apa kinerja polri. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews