Hore, Flyover Simpang Jam Akhirnya Tersambung

Hore, Flyover Simpang Jam Akhirnya Tersambung

Alat berat masih terus menyelesaikan bagian flyover yang sudah tersambung, Selasa (6/6/2017) (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pengerjaan flyover Simpang Jam, Baloi, Batam, memperlihatkan kemajuan. Salah satu flyover tampak sudah tersambung. Sepertinya para pekerja tinggal menunggu finishing.

Penyambungan itu sudah terlihat sejak SelasaSelasa (6/6/2017). Namun jembatan layang dengan total panjang 460 meter dan lebar 32,2 meter itu belum bisa dilalui.

Rencananya pembangunan flyover tersebut baru akan selesai pada November tahun ini. Tampak para pekerja masih terus mengerjakan jembatan itu hingga malam.

Geser ke bawah untuk memutar video

Nantinya, flyover itu akan dilalui rute kendaraan dari arah Bandara Hang Nadim ke Nagoya, dan sebaliknya.

Sementara itu, pada sisi satu lagi dari flyover yang memiliki dua jalur itu belum tersambung. Pengerjaan baru sekitar 50 persen.

Selain itu, flyover yang jalur dari Batuampar dan Nagoya menuju Bandara masih tahap pengerjaan, sudah terlihat pondasi-pondasi untuk menopang lintasan yang akan dibuat di atasnya.

Peninggian badan jalan di bawah jembatan juga tengah dikebut, peninggian badan di jalan dicor menggunakan aspal beton, bertujuan untuk menghindari banjir dibawah jembatan jika terjadi hujan.

Pekerja tampak sibuk mengerjakan pembangunan jembatan dan menimbunan badan jalan. Silih berganti mobil pengangkut semen parkir di lokasi, baik untuk cor jembatan dan juga penimbunan badan jalan.

Spesifikasi flyover

Pembangunan jembatan layang atau flyover Simpang Jam, Batam, terus dikebut. Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 180 miliar ini ditargetkan rampung pada 17 November 2017.

Flyover tersebut memiliki spesifikasi dengan total panjang 460 meter dan lebar 32,2 meter. Jembatan akan dilengkapi expantion joint penahan getaran. Usianya diperkirakan mencapai 100 tahun.

Dari panjangnnya itu,300 meter untuk turunan flyover. Kemudian dari pangkal jembatan (abuntment) ke pilar (pier) sepanjang 100 meter dan jarak antara pier kanan dan kiri adalah 60 meter.

Tinggi jembatan 6,8 meter ini ditopang empat pilar. Dua pilar di kanan dan dua pilar di kiri yang masing-masing membentuk huruf V.***

 

VIDEO DARI BATAMNEWS :




Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews