Penantian 9 Tahun Publik Mugello

Penantian 9 Tahun Publik Mugello

Pendukung Rossi di Mugello. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Sudah sembilan tahun publik di Sirkuit Mugello merindukan kemenangan Valentino Rossi di MotoGP Italia. Kemenangan terakhir The Doctor di sirkuit itu terjadi pada MotoGP Italia 2008. Meski baru alami kecelakaan, Rossi punya kesempatan untuk menebus kerinduan publik itu pada 4 Juni nanti.

Keikutsertaan Rossi dalam MotoGP Italia di Mugello tahun ini sedang dalam ketidakpastian. Setelah mengalami kecelakaan saat berlatih motocross pada pekan lalu, Rossi masih harus menunggu izin dokter untuk memastikan bahwa fisiknya layak membalap di ajang MotoGP.

Mugello memang identik dengan Rossi. Pembalap gaek berusia 38 tahun ini sudah 9 kali menang di Mugello dalam balap MotoGP. Sekali Rossi menang di kelas 125 cc pada 1997, sekali menang di kelas 250 cc pada 1999, dan 7 kali menang beruntun di kelas MotoGP sejak 2002-2008.

Dalam musim balap MotoGP 2009, seorang pemuda asal Australia bernama Casey Stoner berhasil menghentikan dominasi Rossi di Mugello. Sejak itu Rossi tak mampu lagi menjadi juara di sana, dan Mugello dikuasai pembalap-pembalap dari Spanyol: Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez.

Raihan podium terbaik Rossi setelah MotoGP 2008 hanya mencapai peringkat 3, yaitu pada tahun 2009, 2014, dan 2015. Selebihnya, The Doctor di luar peringkat 5 besar.

Bahkan pada balapan musim 2010, Rossi tidak start setelah mengalami kecelakaan fatal dalam sesi latihan bebas ke-2. Tahun 2013 Rossi gagal finis karena bertabrakan dengan Alvaro Bautista, sedangkan tahun 2016 juga tidak finis karena mesinnya rusak.

Tahun ini Rossi punya kesempatan lagi mengais kemenangan ke-8 dalam MotoGP Italia di Mugello. Tapi dengan catatan, dia cukup bugar untuk mendapatkan izin berlomba.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews