5 Nilai Kebaikan yang Diperoleh si Buah Hati Selama Puasa

5 Nilai Kebaikan yang Diperoleh si Buah Hati Selama Puasa

Ilustrasi melatih kesabaran anak yang menunggu waktu berbuka puasa (foto : istimewa)

BATAMNES.CO.ID - Orangtua punya kewajiban menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak sejak dini. Bulan puasa merupakan bulan yang tepat untuk mengajarkan banyak nilai kebaikan.

Mengajarkan dan melatih anak berpuasa memang butuh kesabaran sendiri, tapi hal tersebut merupakan tantangan untuk orangtua.

Berpuasa tak cuma sebatas menahan haus dan lapar saja. Kita bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam dari ibadah puasa.

Yuk, Moms kita bantu anak untuk memahami sejumlah kebaikan yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan momen bulan Ramadan.

1. Belajar Disiplin untuk Kelancaran Aktivitas Setiap Hari

Selama menjalankan ibadah puasa, ada yang namanya makan sahur dan berbuka. Di sini anak bisa belajar soal disiplin waktu. Mulai dari bangun lebih awal dari biasanya, lalu membuat jadwal kegiatan baru yang disesuaikan dengan aktivitas selama bulan Ramadan. Tak perlu langsung memaksa anak untuk mengikuti jadwal ketat tapi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya saja, ya.

2. Belajar untuk Bisa Mengendalikan Diri dan Emosi

Berpuasa bukan cuma soal menahan haus dan lapar. Tapi juga belajar untuk mengendalikan diri. Saat lapar, anak mungkin akan jadi gampang marah. Ingin segera makan padahal belum masuk waktu berbuka. Meski anak kecil belum memiliki kewajiban untuk berpuasa, tapi membantunya untuk berlatih mengendalikan diri selama puasa sangatlah penting. Jelaskan manfaat dan kebaikan yang bisa ia dapat jika bisa mengendalikan diri selama puasa. Kalau perlu, kita juga bisa memberinya hadiah atau reward khusus bila si kecil bisa puasa.

3. Belajar untuk Saling Menghargai

Selama bulan Ramadan, tak semua orang berpuasa. Seperti ada yang karena sedang sakit, sehingga tak bisa menjalankan ibadah puasa. Di sini, anak bisa diajari soal sikap respek atau saling menghargai. Tak perlu langsung menuduh atau menyudutkan orang lain yang tak berpuasa karena suatu alasan.

4. Belajar untuk Lebih Banyak Berbagi

Bulan suci jadi waktu yang tepat untuk lebih banyak berbagi. Mulai dari bersedekah hingga berbagi menu takjil atau berbuka puasa. Di sini, kepekaan sosial anak bisa lebih terasah. Tingkat empatinya bisa meningkat dengan melatihnya untuk lebih banyak berbagi.

5. Belajar untuk Lebih Sering Bersyukur

Tak semua orang bisa menikmati makanan enak dan mewah. Dengan berpuasa, anak akan lebih peka terhadap kondisi orang lain yang kurang beruntung. Yang tak selalu bisa makan enak setiap hari hingga harus menahan diri. Anak akan belajar soal nikmatnya bersyukur ketika misalnya, tiba waktunya berbuka puasa dan ia masih bisa menikmati makanan kesukaannya. Semakin banyak bersyukur, semakin nikmat dan bahagia rasanya.

Ada banyak nilai kebaikan yang bisa kita ajarkan pada anak selama bulan puasa. Sesuaikan dengan karakter dan kemampuan anak dalam berpuasa untuk memudahkannya memahami berbagai nilai positif dan kebaikan yang ada di sekitarnya.

Kalau Moms sendiri, apakah punya tips dan saran lain soal nilai-nilai kebaikan yang bisa diajarkan pada anak selama bulan Ramadan?

Baca artikel menarik lainnya klik disini


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews