Mengapa Presiden Jokowi Memuji Anies Baswedan di Hong Kong?

Mengapa Presiden Jokowi Memuji Anies Baswedan di Hong Kong?

Presiden Jokowi dan Anies Baswedan semasa menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (Foto: detik.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta. Presiden Joko Widodo memuji Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta terpilih) di Forum Bisnis Indonesia-Hong Kong pada Senin kemarin, 1 Mei 2017.

Ia mengatakan  Anies dan Sandiaga Uni terpiliha menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Bahkan, Presiden Jokowi menyebutkan Anies sebagai sosok yang mampu memimpin DKI Jakarta.

Pernyataan presiden menimbulkan pertanyaan, soalnya ia menyampaikan hal itu sebelum Komisi Pemilihan Umum secara resmi belum mengumumkan hasil Pilkada DKI. 

Namun menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, peryataan itu bertujuan untuk memberi sentimen positif kepada investor.

"Presiden Jokowi berharap investor tidak takut ke Indonesia. Di sisi lain, untukmenunjukkan bahwa Indonesia sudah cukup dewasa dalam melaksanakan proses demokratis," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Selasa, 2 Mei 2017.

Pramono mengatakan, Pilkada DKI Jakarta itu begitu tegang tarik-menariknya. "Tetapi pilkada DKI Jakarta terselesaikan dengan baik, ini  adalah hal yang positif bagi investor," ujar Pramono sebagaimana dikutip TEMPO.co.

"Dunia selalu melihat ada perbedaan keras di bawah. Dan, Indonesia berhasil menunjukkan kedewasaan dalam pelaksanaan politik demokratis (pikada DKI Jakarta)," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Anies Baswedan, menanggapi positif pujian Presiden Jokowi.  "Saya rasa Pak Presiden dan saya kenal baik. Saya cukup baik dan kita akan terus berhubungan. Kami senang bahwa dari pemerintah pusat, Pak Presiden memberikan respons positif," katanya.

Jakarta, kata Anies, merupakan bagian yang vital bagi strategi investasi pemerintah pusat. Karena itu, ketika telah aktif menjadi gubernur, Anies akan bekerja segaris dengan kebijakan pemerintah pusat. "Jadi kami memang dari awal, sudah waktunya kita mulai bekerja bersama," ujar Anies.

Anies mengatakan siap membantu Jokowi untuk meningkatkan investor di Jakarta. "Kami Insya Allah siap untuk men-deliver apa yang menjadi strategi nasional untuk investasi," katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Jokowi. Pada Oktober nanti, Jokowi akan kembali melantik Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta.***

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews