Mencicipi Lendot, Makanan Khas Pulau Kundur

Mencicipi Lendot, Makanan Khas Pulau Kundur

Lendot, makanan khas Melayu Pulau Kundur (foto : fadli Firas)

BATAMNEWS.CO.ID - Kepulauan Riau (Kepri) terkenal dengan makanan seafoodnya. Selain itu, ternyata di beberapa kabupaten di Kepri memiliki makanan khas sendiri, seperti Mie lendir dan Lendot.

Lendot merupakan makanan khas dari Tanjungbatu, Kundur, Kabupaten Karimun. Makanan ini merupakan sayuran yang berisi sayur kangkung, bayam, udang dan teri. Perbedaan dari sayur bayam lainnya yakni terletak pada kuah yang menemani.

Kuah pada lendot memiliki tekstur berlendir yang berasal dari tepung. Dari kauhnya inilah sehingga masyarakat setempat menyebutnya lendot. Dengan dicampur sedikit udang, teri dan cabai secukupnya rasa lendot akan semakin nikmat.

Apabila ingin mencicipi semangkok lendot, Anda harus mengunjugi Desa Alai, karena lendot ini tidak dijual sebagaimana jajanan lainnya seperti bakso dan sejenisnya.

Selain di Desa Alai, makanan khas Melayu ini bisa Anda temukan di kawasan wisata taman kota Coastal Area, Karimun. Anda akan menemukan penjual lendot disisi kiri jalan di daerah tersebut.

Untuk merasakan nikmatnya semakok lendot, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan uang Rp 5 ribu Anda sudah menyantap lendot dengan porsi penuh semangkok.

Namun, makanan ini tidak bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebab, tekstur lendir pada lendot tidak tahan lama.

Selain itu, masyarakat Tanjungbatu menyebut lendot ini sebagai makanan persahabatan dan ritual penting. Setiap ada kegiatan kumpul-kumpul biasanya memasak lendot.***

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews