China Akan Bangun Kota Modern Baru Seukuran 3 Kali New York

China Akan Bangun Kota Modern Baru Seukuran 3 Kali New York

Wajah kemacetan parah di Kota Beijing, China. Pemerintah China akan membangun kota baru seukuran tiga kali lipat wilayah New York untuk atasi macet dan polusi. (Foto: REUTERS/China Daily)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing - Pemerintah China berencana membangun sebuah kota baru di dekat Ibu Kota Beijing yang ukurannya tiga kali lipat dari wilayah New York, Amerika Serikat (AS). Kota baru ini dianggap proyek bersejarah untuk mengatasi kemacetan parah dan polusi udara di China.

Proyek kota baru yang akan dibangun itu diberi nama Xiongan New Area, sebuah zona ekonomi khusus di China. Rencana ini diumumkan oleh pemimpin tertinggi Partai Komunis pada hari Sabtu pekan lalu.

Dalam pernyataan bersama, dua badan politik yang paling kuat China—Pusat Komite Partai Komunis dan Dewan Negara—menggambarkan kota baru yang akan dibangun akan mengangkangi tiga distrik yang berjarak sekitar 100 km sebelah barat daya Beijing. Proyek ini dinyatakan sebagai “strategi penting untuk milenium yang akan datang”.

”(Ini adalah) pilihan bersejarah dan strategis utama yang dibuat oleh Komite Pusat Partai Komunis China dengan rekan (Presiden) Xi Jinping sebagai inti,” bunyi pernyataan bersama tersebut, seperti dikutip The Guardian, Selasa (4/4/2017).

Menurut laporan kantor berita Xinhua, penciptaan Xiongan ini akan mengurangi tekanan kemacetan mobil yang dimiliki 22 juta penduduk China. ”Dan mengantar babak baru dalam transisi bersejarah negara untuk mengkoordinasikan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan,” tulis media pemerintah Beijing tersebut.

”Xiongan akan menjadi jawaban untuk teka-teki pertumbuhan China; urban sprawl yang berbahaya harus memberi jalan kepada strategi pembangunan yang seimbang dan inklusif,” lanjut laporan Xinhua yang menyebut kota baru yang akan dibangun sebagai megaproyek.

Presiden Xi mengatakan; “Kota (baru) akan jadi area percontohan untuk pengembangan inovatif yang harus memprioritaskan perlindungan ekologi (dan) meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Sejak pengumuman itu terbit, wilayah yang akan jadi kota baru itu mulai diramaikan para pembeli properti. Harga properti di wilayah tersebut melonjak dua kali lipat hanya beberapa jam setelah pengumuman terbit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews