Proyek Jembatan Penghubung Antar Pulau di Karimun Bisa Telan Rp2,5 Triliun

Proyek Jembatan Penghubung Antar Pulau di Karimun Bisa Telan Rp2,5 Triliun

Jembatan tersebut akan menghubungkan kawasan Tanjungbalai hingga ke Bandara Seibati, atau jembatan penghubung jalan lingkar di Karimun (Foto: net)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pembangunan lima jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, membutuhkan dana sekitar Rp2,51 triliun.

Hal itu diungkapkan Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjungbalai Karimun, Minggu (3/4/2017).

"Pembangunan jembatan itu merupakan program prioritas dalam rangka konektivitas antarpulau, dengan sistem anggaran 'multiyears'," kata Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan lima jembatan tersebut dibangun bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Pada tahun 2017 telah dimulai dengan pembangunan dua jembatan.

Kedua jembatan yang dimulai pembangunannya, jelas dia, adalah pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Parit dengan Pulau Lumut dengan panjang sekitar 120 meter.

Jembatan itu dibangun Pemerintah Provinsi Kepri yang tahun 2017 mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar. Total biaya untuk pembangunan jembatan itu sekitar Rp72 miliar.

Sedangkan jembatan kedua yang mulai dibangun tahun 2017, yaitu jembatan yang menghubungkan Pulau Belat Kecamatan Belat dengan Tanjung Berlian Kecamatan Kundur Utara di Pulau Kundur.

Jembatan itu dibangun dengan APBD Karimun yang tahun 2017 dimulai dengan mengalokasikan anggaran untuk penyusunan DED (detail engineering design).

Panjang jembatan dari Pulau Belat ke Tanjung Berlian sekitar 650 meter, tetapi kemungkinan panjang jembatannya sekitar 450 meter karena ada penimbunan di sisi darat atau direklamasi dulu.

Berdasarkan paparannya dalam Musrenbang 2018 beberapa pekan lalu, tiga jembatan lain yang akan dibangun yaitu Jembatan Pulau Papan-Pulau Lumut. Jembatan itu akan dibangun Pemerintah Provinsi Kepri dengan panjang 270 meter dan dana sekitar Rp162 miliar.

Kemudian, jembatan Pulau Papan-Pulau Belat sepanjang 240 meter dengan total biaya Rp144 miliar. Terakhir Jembatan Pulau Karimun Besar-Pulau Parit.

Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun lima jembatan itu sebesar Rp2,508 triliun.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews