Luhut Tegaskan Dua Pulau di Kepri Ini Tidak Disewakan ke Asing

Luhut Tegaskan Dua Pulau di Kepri Ini Tidak Disewakan ke Asing

Menko Maritim Luhut Panjaitan di Pulau Nipah, Batam. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam – Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan, pemerintah tidak berniat menyewakan Pulau Tolop dan Nipa di Provinsi Kepulauan Riau kepada asing.

"Kami hanya melihat potensi apa yang bisa dikembangkan pada kedua pulau ini, tidak ada pikiran ke situ (untuk menyewakan kepada asing)," ungkap Luhut dikutip dari keterangan resminya, Sabtu, 11 Maret 2017.  

Lebih jauh, dia mengatakan Pulau Nipa dan Pulau Tolop, yang letaknya tidak jauh dari Singapura mesti dikembangkan dan memberi manfaat untuk pemerintah daerah. Kegiatan labuh jangkar ilegal di Pulau Tolop yang ia saksikan dari atas helikopter dalam perjalanan ke pulau tersebut bisa menjadi potensi pendapatan pemerintah daerah.

Menurut dia, studi tentang peruntukannya bagi storage tank atau area lego jangkar, untuk menerima kelebihan (spill over) kapal-kapal dari Singapura saat ini sedang dibuat oleh Port of Rotterdam.

"Kalau itu bisa ditata dengan baik, tentu akan jadi pendapatan untuk Batam, maupun pusat. Saat ini kapal-kapal yang berlabuh di Singapura sudah padat, kita bisa melakukan kerja sama (dengan Singapura)," kata Luhut.


 
(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews